3 Manfaat yang bisa didapatkan anak ketika bermain Gadget, Wajib Kamu Ketahui


manfaat anak bermain gadget
Sumber gambar: Freepik.com

Di zaman sekarang, kita sudah tidak asing dengan anak-anak yang memegang gadget. yang mana sudah banyak kita dengar bahaya yang ditimbulkan ketika anak kecanduan bermain gadget tersebut. dengan demikian banyak orang tua yang semakin khawatir melihat anaknya kecanduan gadget tersebut. diantara ke khawatiran orang tua adalah anaknya menjadi malas beraktifitas, hingga menggangu pertumbuhan otak dan tumbuh kembang anak.

tapi tak dipungkiri bahwa kecanggihan teknologi bisa menjadi senjata bagi orang tua untuk dapat menenangkan anak yang rewel. nah selain efek buruknya ternyata ada kabar baik dari para peneliti bahwa Bermain gadget bisa membantu mendukung tumbuh kembang anak.
Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan ketika anak bermain gedget.

1. Merangsang keterampilan Motorik
Keterampilan motorik adalah keterampilan yang berkaita dengan gerakan otot tubuh, seperti bibir, lidah, tangan dan kaki. nah dengan anak bermain gedget kita bisa melatih keterampilan motorik anak dengan melatih anak dengan permainan edukasi yang tersedia di gedget.

Saat memegang Gedget dan anak memainkan game. anak akan melibatkan gerakan mata dan jari-jarinya untuk memainkan game tersebut. dan si anak akan dengan sendirinya dapat mempelajari dan memahami game hanya dengan mengikuti petunjuk arah kursor yang disediakan pada permainan tersebut. dan otomatis keterampilan motorik anak otomatis akan terlatih.

2. Melatih cara berfikir
Para ahli sepakat bahwa kemajuan teknologi menigkatkan kemampuan kognitif anak dengan lebih cepat dan lebih baik. keterampilan kognitif berhubungan dengan cara berfikir, mengingat, membuat rencana hingga pemecahan masalah.

sekarang ini sudah banyak dikembangkan games anak untuk merangsang kemampuan kognitif anak. contoh adalah puzzle. yang mana banyak aplikasi game ini bisa kita dapatkan. permainan ini bisa melatih fokus anak dan mencari cara menyusun potongan-potongan gambar yang sudah diacak menjadi satu gambar utuh. cara berfikir seperti inilah yang merangsang cara berfikir anak untuk bisa memecahkan masalah.

3. Merangsang anak untuk berfikir kreatif
mebiarkan anak bermain gedget juga dapat merangsang kreatifitas anak pasalnya saat ini sudah banyak aplikasi yang diciptakan dapat melatih keseimbangan otak kiri dan otak kanan anak. salah satunya dengan permainan mewarnai.

dengan kegiatan mewarnai anak dirangsang untuk berfikir kreatif untuk memadu-madankan warna. tapi metode mewarnai menggunakan gadget sangat berbeda dengan metode menggunakan crayon atau sejenisnya. tinggal kita memilih yang terbaik untuk anak kita. tetapi tujuannya adalah sama

meskipun kamu boleh membiarkan anak bermain gedget tapi kamu harus ingat dibalik manfaat yang diberikan. tetap ada dampak negatif yang ditimbulkannya. jadi tetap kontrol kegiatan anak dalam bermain gedget. baik dalam memilih game atau media yang ditonton dan dimainkannya maupun lama waktu penggunaan gedget tersebut. semoga materi ini bermanfaat untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates: