6 Cara Mengecek Laptop Kamu Rusak atau Tidak ala Tekno ZOne.ID

6 Cara Mengecek Laptop - Laptop saat ini merupakan sesuatu yang sangat penting, bahkan hampir setiap kalangan sudah memilikinya. dengan keunggulan dalam mobolitasnya, peprlahan laptop mulai menggantikan peranan PC. Oleh karena itu ketika memiliki sebuah Laptop hendaknya kita meawat dan memastikan Laptop kita masih bisa bekerja prima setiap waktunya.

Cara Mengecek Laptop Kamu Rusak atau Tidak

Jika pada Laptopmu ada suatu masalah, hendaknya kamu mengetahui cara-cara pengecekannya. ketika laptopmu rusak pasti yang terpikir di otak kamu adlah, bagaimana cara mengecek kerusakannya? nah disini saya akan membagikan cara mengecek kerusakan laptop secara lengkap. waluapun mungkin ada beberapa dari kamu yang sudah tahu, tetapi cara ini juga bisa kamu gunakan ketika kamu membeli laptop seken.

Cara mengecek laptop rudak atau tidak

1. Cek Kesehatan Hard disk
Nah untuk melakukan cara pertama ini kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi dari pihak ketiga. seperti berikut ini:

  • Hard Disk Sentinel
Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang direkomendasikan uoleh para pengguna komputer untuk melakukan pengecekan kesehatan Hard disk nya. dengan Hard disk sentinel kita melakukan monitor Kesehatan Hard disk sampai mengatur partisi. karena didalamnya terdapat fitur pengecekan Health. dan biasnya software ini dijadikan standar untuk pengecekan hard disk ketika ingin dijual.
  • HD Tune
Selain Aplikasi Hard disk Sentinel, HD Tunel juga merupak aplikasi pengecekan kesehatan hard disk yang banyak dipakai orang. Kalau dari fungsi kedua aplikasi ini hampir sama. untuk melakukan pengecekan kesehatan hard disk pada aplikasi ini menggunakan fitur S.M.A.R.T.

Nah hanya saja pada aplikasi ini ada keunggulan dibandingkan oleh Hard Disk Sentinel, karena pada aplikasi HD Tune ada fitur untuk pengecekan bad sector pada hard disk. kalau kamu belum tahu bed sector itu apa. bad sector adalah kerusakan yang terjadi didalam hard disk sehingga data yang ada didalamnya tidak terbaca.

2. Cek Fungsi Keyboard
Seiring dengan usia Laptop, biasannya banyak terjadi kerusakan pada keyboardnya. nah untuk mengecek kerusakan pada fungsi keyboard. kamu juga bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, yaitu Keyboad Tester Portable. untuk aplikasinya kamu bisa mendonloadnya disini

Setelah kmau mendownlad aplikasinya, kamu tinggal buka aplikasi tersebut tanpa perlu melakukan instalasi. kemudian silahkan tekan seluruh tombol yang ada pada keyboard laptop kamu. jika semua fungsi bekerja dengan normal. maka akan diberi tanda lampu hijau. dan apanila ada yang berwarna merah berarti ada tombol yang rusak. oiya saya hampir kelewatan. tombol Fn biasanya berwarna kuning.

3. Cek layar monitor
Untuk cara berikutnya adalah mencek Layar monitor Laptop kamu. untuk melakukan pencekan kondisi Layar monitor. kamu bisa menggunakan aplikasi Monitor tester, yang bisa kamu dapatkan disini. dengan aplikasi monitor tester ini kamu bisa melakukan pengecekan apakah pixels yang ada pada monitor kamu ada yang sudah meulai rusak.

4. Cek Kondisi Charger Laptop
Untuk melakukan pengecekan terhadap carger laptop, tetntunya kamu membutuhkan daya listrik. nah setelah tersambung kamu bisa lihat, pada adaptor charger laptop kamu apakah lampunya menyala atau tidak. jika lampu pada adaptor charger tidak ada. kamu bisa melihat lampu indikator baterai pada laptopmu. apa bila berkedip tidak menentu atau malah tidak nyala, padahal sudah terhubung dengan daya listrik. berarti itu adalah pertanda bahwa adaptor sudah rusak. 

5. Cek Kipas Pendingin Laptop
Apakah Laptop kamu pernah mati tiba-tiba, ketika kamu sedang menjalankan aplikasi yang cukup berat seperti bermain game? atau malah laptop kamu mati padahal tidak sedng menjalankan program yang berat.

Nah, untuk masalah ini biasanya terjadi karena laptop mengalamai panas berlebih karena pemakaian yang terlalu lama. ada beberapa penyebab kenapa laptop cepat panas. salah satunya adalah pendingin laptop tersumbat debu, sehingga perputaran kipas pendingin menjadi terhambat. nah untuk maslah ini kamu tinggal membersihkan kipas pendingin dengan kuas bisa juga menggunakan vacum cleaner. dan kalau perlu ganti termal paste processor dengan yang baru. 

6. Cek adanya suara bising pada laptop
apabila kamu mendegarkan suara aneh keluar dari leptopmu, bisa jadi itu  dari DVD drive, Kipas pendingin laptop, bahkan suara hard disk yang sedang bermasalah. nah untuk macalah ini berikut cara menyelesaikannya
  • jika suara bising terjadi ketika kamu memainkan CD/ DVD drive. maka DVD drive kamu sedang bermasalah. coba tes menggunakan DVD drive yang lain. kalau aman berarti kamu wajib mengganti DVD drivenya.
  • Coba dengarkan suara kipas pendingin laptop kamu. jika suara bising berasal dari kipas pengingin saat dinyalakan. itu artinya kipas pendingin laptop kamu harus diganti.
  • jika laptop kamu tiba-tiba hang dan mengleuarkan suara bising, itu bisa jadi hard disk laptop kamu sudah bermasalah. 
Demikianlah pembahasan artikel cara mengecek Laptop rusak atau tidak, walaupun sebenarnya masih banyak yang dapat dilakukan untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi pada laptop. nah silahkan kamu masukkan cara lain untuk mengecek kerusakan pada laptop yang kamu ketahui dikolom kementar disqus yang telah kami sediakan. semoga artikel ini bermanfaat. terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Cara Mengecek Laptop Kamu Rusak atau Tidak ala Tekno ZOne.ID"

Post a Comment