Mengenal alat Komunikasi dari Masa-Kemasa yang harus kamu tahu

Mengenal alat Komunikasi dari Masa-Kemasa - Halo sahabat tekno zone semua, bisa kebayang tidak jika saat ini tidak ada handphone, tidak ada operator telekomunikasi, tidak ada whats app sebagai alat komunikasi yang membantu kita menghubungkan sesama dengan yang lain? Tak terbayangkan jika ingin bertemu harus membuat janji melaui surat, sudah pasti akan membutuhkan waktu yang lama dan menyulitkan kita semua.

Disini ane mau coba refresh kita semua perkembangan alat komunikasi yang ada sejak zaman dulu hingga kini.

1. Merpati Pos.
Yang pasti ane belum hidup di zaman ini, tapi supaya kita semua bisa tahu apa yang dialami orang dulu, Burung Merpati merupakan seekor burung yang digunakan untuk mengirim surat. Merpati dipilih karena burung ini cerdas, kemampuan navigasi dan naluri alamiah untuk kembali ke sarang, memiliki daya ingat kuat, metode ini berasal dari orang-orang Persia yang melatih burung-burung merpati. Pertama kali digunakan oleh Sultan Bagdad, Nuruddin (1416) untuk mengirimkan pesan sekitar kerajaannya. Orang Romawi menggunakan merpati pos untuk mengirim pesan kepada pasukan militernya. Orang Yunani memberitahukan pemenang olimpiade melalui merpati pos. pada masa perang dunia pertama (1914-1918) pun pasukan Amerika menggunakan permati pos untuk komunikasi.

2. Telegraf.
Alat ini ditemukan oleh seorang warga Amerika, Samuel F.B. Morse bersama asistennya Alexander Bain pada tahun 1837. Telegraf merupakan alat untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh. Pesan pertama kali digunakan pada 6 Januari 1838. pesan dikirimkan oleh operator menggunakan sandi morse. Pesan ini sering dinamakan pesan kabel atau kawat. Media ini sangat efektif dan pernah menjadi primadona meskipun yang bisa mengirim dam menerima hanya orang yang mengerti sandi morse.

Untuk keperluaan peperangan dulu, media ini sangat diperlukan agar pesan rahasia tetap terjaga. Pesan ini pun diistimewakan karena umumnya pesan tersebut adalah pesan penting. Di Indonesia pemanfaatan telegraf dimulai sejak saluran telegraf pertama dibuka 23 Oktober 1855, oleh Pemerintah Hidia Belanda. Telegraf pun dapat dirasakan masyarakat di 28 kantor telegraf. Tidak hanya menghubungkan Batavia (Jakarta) dan Buitenzorg (Bogor), telegraf pun bisa menghubungkan Jakarta dan Singapura, Jawa dan Australia. Perkembangan selanjutkan, media ini melahirkan media baru seperti teleprinting dan faksimile.

3. Telepon.
Nah, di zaman ini ane sudah mulai mengalami, dimana bisa berhubungan melaui telepon yang di putar, dulu belum ada telepon yang dipencet. Penemuan telepon dipicu oleh permintaan telegraf yang makin lama semakin meningkat. Telepon pun ditemukan pada sekitar tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell. Di Indonesia telepon lokal pertama digunakan sejak 16 Oktober 1882 yang diselenggarakan pihak swasta. Jaringan telepon pertama ini menghubungkan Gambir dan Tanjung Priok (Batavia). Selanjutnya jaringan telephon dibuat di kota-kota besar lainnya. Tahun 1906, perusahaan jaringan telepon diambil alih dan dikelola Pemerintah Hindia Belanda melalui PTT (Post, Telegraf, Telepon) Dienst.

Tahun 1967 PT Indosat (Indonesia Satelite Corporation) mulai membangun jaringan telepon gelombang mikro. Dimulai dengan jaringan Trans Sumatra dan Indonesia Timur. Selanjutnya, tahun 1976, satelit Palapa A-1 diluncurkan sehingga mengungkinkan jaringan telephon Indonesia meluas hingga mencapai luar negara.

4. Telegram.
Telegram baru dipopulerkan pada tahun 1920-an. telegram barisi kombinasi kode yang ditransmisikan oleh telegraf. Telegram ini tarif mengirimannya lebih murah dari telepon, meskipun tarifnya dihitung berdasarkan jumlah karakter termasuk tanda baca. Namun waktu yang dibutuhkan pun sangat singkat, kurang dari satu hari, tidak seperti surat. Di Indonesia, telegram dipopulerkan oleh perusahaan Telkom. Ada dua jenis telegram, telegram biasa dan Indah. Telegram biasa berwarna biru muda, sedangkan telegram indah biasa dikirmkan pada hari-hari khusus seperti hari raya atau tahun baru. Tapi sejauh ini ane belum pernah mengalami menggunakan alat komunikasi yang satu ini.

5. Pager.
Pager merupakan alat telekomunikasi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek. Sekarang mungkin sudah jarang ditemukan, tetapi alat ini masih sering dipakai untuk orang-orang yang bergerak dibidang jasa seperti jasa informasi dari kesehatan. Pager ditemukan tahun 1956 oleh Multitone Electronic di Rumah Sakit St. Thomas London oleh dokter-dokter yang sedang bertugas dalam kondisi darurat. Sejak itu pager semakin berkembang. Di Indonesia pager muncul sebelum tahun 1997.

Nah...ane inget betul dengan alat komunikasi satu ini, dimana setiap ingin berkirim pesan harus melalui operator, tahun 1998 ane sempat memilki Pager, tapi yang membuat alat ini tidak mengasikan adalah, setiap kali ingin berkirim pesan ke pacar harus melalui operator, misalnya : “kita janjian di mall blok m, jam 5 sore, ya! C...u sayang...love you”...nah...kata2 itu di catat oleh operator lalu ditulis untuk dikirimkan ke penerima....hehe.

6. Surel/ Email (Surat Elektronik).
Surel Merupakan sarana untuk mengirim surat melalui jaringan internet melalui komputer, Surat elektronik mulai dipakai pada tahun 1960-an. Saat itu internet belum terbentuk, tetapi surat terkirim melalui jaringan yang berbentuk dari kumpulan “mainframe”. Mulai tahun 1980-an mulai bisa dipakai oleh umum.

Ane yakin semua Kaskuser yang membaca thread ini pasti sudah mengalami, merasakan, dan menggunakan yang namanya surat elektronik atau email. Tapi memang umumya email dipakai untuk bisnis atau perkejaan, jadi jarang ada orang2 yang menggunakan email untuk berpacaran.

7. Internet.
Internet adalah singkatan dari interconnected networking.  pada tahun 1969 sebagai ARPANET. Rangkaian ini dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Tahun 1983. ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya dari NCP ke TCP/IP, yang merupakan awal dari internet yang kita kenal. Di Indonesia, sejarah internet dimulai pada awal tahun 1990-an.

8. Telepon Genggam.
Inilah alat komunikasi yang kita pakai semua saat ini, alat multi fungsi ini tidak hanya dipakai untuk komunikasi, namun bisa untuk mengakses email, chating, browsing, social network bahkan semua produk telepon genggam berlomba menciptkan inovasi teknologi salah satunya di kamera.
Tidak bisa dipungkiri, anak2 zaman now suka dengan selfie, sehingga banyak produk telepon genggam yang berlomba mencipatakan inovasi dan pengembangan teknologi di kamera, salah satunya OPPO A9 2020, yang memiliki 4 buah kamera dan memiliki teknologi anti shaking, sehingga tidak dibutuhkan lagi stabilizer untuk membuat video yang bagus. 

Telepon genggam pun mulai beredar tahun 1985-1992, tetapi dengan bentuk yang masih besar dan berat. Tahun1993, PT Telkom memulai proyek percontohan seluler digital GSM (Global System for Mobile) yang dimulai di dua pulau, Batam dan Bintan. Setahun kemudian (1994) operator GSM pertama di Indonesia beroerasi melalui PT Satelindo. Selanjutnya mulai bermunculan operator GSM lainnya.

9. Pesan Instan (Instant Messaging).
Merupakan sebuah teknologi di mana para pengguna jaringan internet dapat mengirimkan pesan-pesan singkat pada saat yang bersamaan (real time). Istilah pesan instan ini mengacu pada teknologi yang dipopulerkan oleh America Online (AOL), kemudian diikuti Yahoo! (Yahoo Massenger), Google dan Microsoft (Windows Live Messenger). karena AOL bisa memberikan kemampuan pengguna berkomunikasi dalam waktu yang sama. Dari sinilah semakin berkembang perusahaan-perusahaan lainnya yang menciptakan mesin pesan instan.

Tidak bisa dipungkiri, instant messaging yang saat ini banyak digunakan adalah whats app, aplikasi besutan facebook ini telah memilik lebih dari 1,5 miliar pengguna. Setiap pekerjaan yang akan kita lakukan, bangun tidur, berangkat kerja, pasti tidak lupa membuka whatsapp.

Nah...itu lah beberapa alat komunikasi yang harus kita ketahui yang digunakan sejak zaman dulu hingga saat ini, ntah kedepan akan ada alat komunikasi jenis apa lagi, yang pasti kita harus tahu juga histori sebelumnya. Semoga berguna ya, Gan...

Jangan lupa kasih like dan cendolnya, share juga ke teman2, adik2, sudara supaya yang lain bisa tau juga sejarah alat komunikasi yang kita gunakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal alat Komunikasi dari Masa-Kemasa yang harus kamu tahu"

Post a Comment