Sistem Operasi yang ada pada komputer dan jenis-jenisnya yang harus kamu tahu

Sistem Operasi yang ada pada komputer - Bagi kita pengguna Ponsel pasti sering mendengar 2 istilah Android dan iOS. dan pasti banyak yan beranggapan bahwa kedua istiah diatas adalah Merk HP. Padahal kedua istilah tersebut adalah Sistem Operasi yang dipakai oleh Smart Phone.

Begitu juga dengan komputer, banyak juga diantara kita yang masih awam menyangka bahwa sistem operasi yang dipakai pada Semua komputer adalah windows. Sebelum kita membahas jenis-jenis sistem operasi. Tahukah kamu apa itu Sistem Operasi dan seberapa penting Sistem Operasi itu pada sebuah komputer maupun Gadget?? berikut ini penjelasannya.

Sistem Operasi yang ada pada komputer
Pengertian Sistem Operasi
Sistem Operasi atau Biasa kita singkat dengan OS adalah sebuah sistem perangkat lunak yang berfungsi untuk mengontrol kerja perangkat keras atau hardware untuk menjalankan aplikasi atau software yang dijalankan oleh sistem komputer. dengan kata lain OS adalah pengendali Operasi dasar pada komputer dan untuk memastikan sistem dapat bekerja sebagai mana mestinya.

Jadi tanpa OS Perangkat komputer atau gedget pengguna akan kesulitan dalam menjalankan suatu aplikasi. karena perangat komputer atau gedget hanya bisa berjalan kalau ada sistem operasi didalamnya.

Fungsi Sistem Operasi
Selain yang sudah disebutkan diatas, Sistem operasi juga memiliki Fungsi lainnya sebagai berikut.

1. Menjalankan Operasi Dasar Sistem
Inilah fungsi utama dari sistem operasi untuk komputer maupun gedget, untuk menjalankan Operasi dasar. karena sistem operasi dasar ini sanagat penting untuk menunjang kinerja komputer maupun gedget. karena sebelum masuk kefungsi yang lain, sistem daar komputer dan gedget harus berjalan terlebih dahulu baru kemudian aplikasi yang lain dapat berjalan sebagaimana mestinya.

2. Mempermudah USer
Seperti yang sudah dibahas diatas, dengan adanya sistem operasi pengguna akan lebih mudah untuk menggunakan atau menjalankan suatu program pada sebuah komputer maupun gedget. selain itu, tampilan yang kita lihat pada komputer maupun gedget kita merupakan hasil dari Sistem Operasi yang diterjemahkan dari tampilan interface sebuah bahasa pemrograman.

3. Tempat untuk menjalankan sebuah program
Seperti yang juga sudah dibahas diatas, Bahwa kalau Sistem operasi tidak ada. maka kita akan kesulitan untuk menjalankan sebuah aplikasi maupun program. karena sistem operasi ibarat Sebuah wadah untuk menopang sebuah aplikasi. oleh karena itu Sistem operasi harus ada pada komputer atau gedget.

4. Mengawasi jalannya program
Kamu pasti pernah mengalami ketika menghapus file, file error dan sebagainya akan ada pemberitahuan dari Sistem operasi dengan menampilkan menu Pop Up pada layar monitor kamu. fungsi ini berfungsi untuk memberitahukan kepada kamu agar kamu tahu kesalahan atau apa yang sdang terjadi pada komputer maupun gedget kamu. Contohnya saja ketika dengan tidak sengaja kamu menghapus sebuah file, tetapi dengan adanya pemberitahuan kamu jadi bisa mengambil tindakan. inilah yang disebut dengan mengawasi jalannya program.

Macam-Macam Sistem Operasi
Berikut ini pembahasan selanjutnya mengenai Macam-macam sistem operasi yang biasa dipakai pada komputer dan juga gedget.

1. Windows
Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang paling populer. karena hampir setiap komputer yang ada dirumah kita menggunakan sistem operasi windows. saat ini sistem operasi tertinggi dari windows adalah windows 10 yang diluncurkan pada tahun 2015 silam. walaupun masih banyak kekurangan yang terlihat jelas pada sistem operasi Windows. tetapi karena sistem operasi ini mudah digunakan dan mudah didapatkan. menjadikan Sistem operasi ini masih menjadi favorit bagi banyak pengguna Komputer.

2. Mac OS
Mac OS adalah sistem operasi yang diciptakan oleh Apple. dan pada dasarnya Sistem operasi ini hanay terpasang pada komputer Macintosh atau disebut dengan Mac. Saat ini versi terbaru dari Mac OS adalah versi 10, atau biasa disebut Mac OS X. pengguna sistem operasi ini cenderung lebih sedikit daripada Windows. alasan yang paling utama adalah karena harganya yang mahal.

3. Linux
Linux adalah Sistem operasi yang sangat diminati oleh banyak programer. mengapa demikian??
alasan utamanya adalah karena sistem operasi ini open source dan bisa dimodifikasi oleh penggunanya. selain itu linux juga biasa dipakai oleh orang yang bekerja dijaringan, karena memang merupakan salah satu sistem operasi jaringan. dan sistem operasi ini penggunanya relatif lebih sedikit dari pengguna Windows dan Mac OS.

4. Android
Bagi kamu pengguna android akan familiar dengan sistem operasi ini. Sistem operasi ini berbasis linux yang dikhususkan untuk Smartphone dan komputer tablet. pada awalnya android diciptakan oleh perusahaan android.inc namun Google membeli aplikasi ini pada tahun 2005 dan resmi diluncurkan pada tahun 2007

Baca Juga:
Cara Membersihkan File Sampah Secara Permanen dari Laptop kamu
Casing CPU Nyetrum, Ini Penyebab dan Cara mengatasinya yang harus kamu tahu
Cara Block akses USB Flashdisk dan Hardisk Eksternal di Windows
Cara mengembalikan data dari flashdisk yang sudah terformat dengan Mudah, 100 Work
6 Cara Mengecek Laptop Kamu Rusak atau Tidak ala Tekno ZOne.ID
5 Cara mengatasi Laptop Blank Tetapi lampu Indikator Power Hidup

Itulah beberapa pembahasan tentang sistem operasi dan jeis-jenisnya. dengan seiring perkembangan zaman. pastinya nanti akan ada banyak perkembangan versi dari OS diatas. mudah-mudahan dapat bermanfaat dan mambantu kamu yang membacanya. terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistem Operasi yang ada pada komputer dan jenis-jenisnya yang harus kamu tahu"

Post a Comment