Tips dan trik atasi turunnya index google di webmaster, Semua bloger wajib tahu

Tips dan trik atasi turunnya index google

Tips dan trik atasi turunnya index google - Salah satu masalah yang dihadapi seorang blogger adalah turunnya index google diwebmaster. yang mana itu memang sedang saya alami saat ini. bahkan ada blog saya yang index sitemapnya sulit unuk naik. namun dengan mempelajari dan memperaktikkan beberapa cara saya perlahan bisa meningkatkan index google blog saya dan index sitemap pun sudah mulai membaik.

Dan menurut saya pengalam saya diatas adalah guru terbaik untuk saya belajar. maka dari itu saya akan coba uraikan pengalaman saya bagaimana cara memperbaiki index sitemap yang tiba-tiba turun. dan cara ini mungkin bisa kamu jadikan referensi untuk kembali meningkatkan index sitemap pada blogmu. siapa tahu nanti bisa berhasil..

Google webmaster tool atau sekarang disebut dengan Google search console adalah tool online yang disediakan google untuk seorang blogger memantau aktifitas blognya. tool ini mampu memindai segala aktivitas robot mesin pencari di blog kita.

Agar blog kamu dapat terintegrasi dengan tool ini maka kamu harus mendaftarkan blog kamu ke webmaster tool. setelah kamu berhasil mendaftarkan blog kamu ke webmaster tool biasanya Google Search Console akan meminta kamu memasukkan kode meta yang harus kamu tempel di template blog kamu.

Kode meta tersebut akan mampu dikenali google bot, untuk selalu merekam aktifitas robot mesin pencari ketika menelusuri bagian-bagian penting yang terdapat dihalaman blog kamu.

ada banyak informasi yang memang mampu direkam oleh google search console. dan itu semua sangat berguna untuk mengontrol segala aktifitas blog yang kamu miliki. salah satu yang terpenting adalah laporan jumlah index sitemap, laporan ini berfungsi untuk menginformasikan, berapa url yang sudah terindex oleh mesin pencari google. semakin banyak yang terindex maka semakin banyak artikel blog kamu yang dikenali oleh mesin pencari.

jumlah index url yang benar adalah sesuai dengan jumlah artikel. jika trafik menunjukkan jumlah arikel sama dengan jumlah sitemap yang terindex, maka itu artinya performa blog kamu baik dimata mesin pencari. jika terjadi hal yang sebaliknya maka ada yang salah dengan artikrl kamu.

Jika jumlah index sitemap tidak sama atau lebih kecil dari jumlah artikel kamu, sudah jelas sangat berdampaj kepada visitor yang kamu dapatkan. dan dengan otomatis rangking artikel kamu pun akan menurun.

Tetapi ini semua bukan mutlak yang dapat dipastikan, karena setiap bloger menerapkan hal yang berbeda untuk blognya masing-masing. dan banyak penyebab lain dari index google webmaster turun. dan berikut ini adalah penyebab ondex google turun:

1. Jarang Update Artikel
Ini adalah hal yang paling sering saya alami. dan juga dialami oleh blogger lain. ketika ritme update artikel sudah tidak stabil atau bahkan jarang sekali update maka otomatis index sitemap google webmaster akan turun. jadi usahakan update artikal minimal 1 artikel satu minggu.

2. Artikel blog yang sudah kadaluarsa.
penyeba yang kedua ini merupakan analisa pribadi saya, jadi ketika artikel kamu sudah dianggap kadaluarsa oleh mesi pencari. karena informasi yang kamu bagikan sudah tidak dipakai lagi. dan ini biasanya terjadi kepada artikel membahas topik musiman.  apalagi kamu menambahkan tahun dijudul dan isi artikel kamu. otomatis akan langsung dianggap kadaluarsa oleh mesin pencari.

3. Adanya perbaikan index google
Ini memang saya belum tau pasti, tapi saya pernah membaca beberapa artikel dari beberapa blog yang mengatakan, ketika algoritma google terbaru rilis maka akan ada dampak yang terjadi. salah satunya adalah penurunan index mesin pencari.

4. Artikel yang dibahas melenceng dari aturan webmaster tool
Penyebab berikut dari turunnya index mesin pencari adalah tidak sesuainya artikel dengan yang sudah ditetapkan oleh google webmaster guidline. ketika kamu melanggar/tidak mematuhinya maka akan berdampak buruk bagi blog kmau. yang berujung pada menurunnya index mesin pencari.

5. Kamu tidak menjaga kesehatan blog
Penyebab Selanjutnya adalah, kamu membaiarkan terlalu banyak ditemukannya halaman page not found 404, dan kamu tidak melakukan perbaikan dalam waktu yang lama. dan ini pernah saya alami, dengan memperbaiki halaman page not found perlahan pengunjung blog saya mulai naik kembali.

6. Salah memasukkan halaman sitemap
Penyebab terakhir adalah alamat sitemap yang kamu masukkan ke webmaster salah. jika kamu menemukan index sitemap blog kamu tidak kunjung naik. bisa jadi kamu salah memasukkan halaman sitemap. walaupun itu sangat kecil. pastikan untuk sitemap blog kamu masukkan adalah sitemap.xml

untuk menangani masalah diatas kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Perhatikan kesehatan blog
Upaya pertama yang harus kamu perhatikan adalah dengan menjaga kesehatan blog kamu agar index mesin pencari bisa sesuai dengan jumlah artikel. dan berikut ini l;angkah yang bisa kamu lakukan.

a. Hapus Page Not Found 404
Jika pada blog kamu banyak ditemukan halaman Page Not Found maka segerelah perbaiki. untuk tetap menjaga kesehatan blog kamu. dan kalau perlu supaya performa blog kamu tidak menurun segeralah hapus halaman Page Not Found 404

b. Perbaiki duplikat konten
Selalu periksa performa blog kamu terutama dari duplika konten, kamu bisa memeriksanya dengan google webmaster tool.

c. Perbaiki error 503
Jika kamu menemukan Error 503 pada blog kamu maka segeralah perbaiki.

d. Periksa link mati pada blog kamu
Selalu periksa link mati yang sudah tidak dapat dieksis atau down yang ada pada blogmu. dan biasanya link mati banyak terdapat di kolom komentar kamu. silahkan hapus atau segera perbaiki.
untuk pemeriksaan link mati gunakan Broken cheker

2. Usahakan Konsisten dalam update artikel
Upaya berikutnya untuk mengatasi turunnya index google webmaster tool adalah dengan mengupdate artikel secara berkala minimal 1 artikel dalam sehari. dan ini sudah saya buktikan dengan rajin update artikel secara berkala index web master google blog saya perlahan mengalami peningkatan.

3. Update arikel lama dan bari link tautan dengan artikel terbaru
upaya berikutnya adalah dengan melakukan Update/ modifikasi artikel lama kamu, dan jangan lupa langsung di index ke google webmaster tool dan kamu juga bisa  mengaitkan link artikel yang lama dengan artikel baru yang masih ada kaitannya dan masih relevan. karena biasanya artkel lama kamu yang kamu tulis adalah artikel musiman yang memang perlu diupdate.

Demikinalah pembahasan tentang tips dan trik atasi turunnya index google webmaster. dan apabila kamu ada solusi lain untuk mengatasi masalah diatas silahkan tulis dikolom komentar.terima kasih dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: