Optimasi SEO Onpage pada Blog: Lengkap dan Detail wajib kamu tahu

Optimasi SEO Onpage

Optimasi SEO Onpage pada Blog- SEO onpage merupakan satu diantara 200+ untuk meningkatkan page rank, dan cara optimasi sebuah blog dengan platform apapun itu pada prinsipnya sama. Semakin baik optimasi SEO onpage yang kamu lakukan, maka semakin baik peluang blog kamu untuk nagkring di page one SERP.

Sebenarnya melakukan SEO onpage untuk sidukai oleh mesin pencari itu sangat mudah dan gampang, yang tepenting kita mengetahui detail dan langkah yang harus kita tempuh. karena semuanya tergantung cara kita mengelola struktur kode halaman blog dari blog itu sendiri. sehingga disukai oleh mesin pencari.

Untuk bisa melakukan SEO onpage pada blog kamu langkah berikut ini bisa kamu coba terapkan

Langkah untuk Optimasi SEO onpage

  1. Tittle Tag
  2. Meta Description
  3. Alamat URL dibuat sesingkat mungkin dan mudah dipahami mesin pencari
  4. Tambahkan gambar dipostingan blogmu (lengkapi Alt Text)
  5. H1 Text untuk judul artikel
  6. Tempatkan kata kunci di 100 kata pertama
  7. Buat artikel panjang, kalu bisa 1500+
  8. Menggunakan long tail keyword untuk judul postingan
  9. Sertakan kata kunci LSI pada artikelmu
  10. Buatlah artikel yang berkualitas
langsung saja kita ulas satu persatu langkah optimasi SEO onpage pada blog diatas.

1. Title Tag
Gunakanlah Title Tag untuk meletakkan Keyword. beberapa master SEO kata kunci diawal judul itu lebih baik dari pada kata kunci ditengah atau bahkan diakhir. 

sebagai contoh kita mengambil judul dari artikel ini "Optimasi SEO Onpage". misalkan kamu sudah melakukan riset kata kunci dari judul tersebut. maka bisa kita kembangkan kata kunci diatas sebagai berikut.
Judul 1. Optimasi SEO Onpage pada blog
Judul 2. Cara melakukan Optimasi SEO Onpage pada blog

dari contoh diatas otomatis mesin pencari lebih suka dengan judul pertama karena kata kunci Optimasi SEO Onpage diletakkan diawal sedangkan judul kedua diletakkan ditengah judul. 

Jadi Kesimpulan yang dapat kita ambil dari Title Tag adalah, usahakan setiap kali membuat artikel, tempatkanlah kata kunci yang kamu bidik letakkan diawal judul. agar lebih SEO Friendly.

2. Meta Description
Gunakanlah Meta Description untuk menempatkan deskripsi dari judul artikel yang kamu buat. panjang deskripsi sebaiknya buat semaksimal mungkin kalau bisa 150 karakter. karena deskripsi adalah pilihan kedua yang dilihat oleh pengunjung setelah menemukan judul artikel kamu. oleh karena itu maka kamu harus benar-benar perhatikan Meta Description ini. karena Meta description ini bisa menarik perhatian pengunjung. serta jangan lupa memasukkan kata kunci kedalamnya.

3. Alamat URL SEO Friendly
Kita sering melihat berbagai macam URL yang kita lihat pada blog/web. mulai dari yang mudah untuk di ingat dan singkat bahkan ada yang sangat panjang bahkan ada yang berisi kode-kode yang susah untuk kita mengerti. jadi kamu harus perhatikan dengan seriuas Panulisan URL di Blog kamu.
barikut ini Contoh URL yang Tidak disarankan
https://www.heart.org/HAERTORG/Condition/More/ConsumerHealtCare/A-Guide-To-Understanding-Clinicals-Trials_UCM_426055_Article.Jsp

walaupun kamu tidak membuat URL sepanjang URL diatas alangkah baiknya kita menyajikan alamat URL dari artikel kita sependek dan seefektif mungkin seperti Contoh Dibawah ini.
https:teknologivirals.online/2019/05/optimasi-seo-onpage, URL tersebut hanya sebagai contoh. tapi usahakan tanggal tidak dimasukkan kedalam URL. karena semakin pendek semakin baik seperti contoh dibawah ini
https://teknologivirals.online/optimasi-seo-onpage URL seperti inilah yang lebih baik dan SEO Friendly. dan sudah pasti lebih mudah dipahami.  Kenapa URL berpengaruh terhadap SEO Onpage?
Jawabannya sama dengan Title Tag. URL adalah Sebagai petunjuk untuk mesin pencari mengenal nichie dari artikel yang kita buat.

4. Tambahkan Gambar Pada Postingan
Gunakanlah gambar setiap kamu update postingan blog. karena menambahkan gambar dipostingan akanmemiliki pengaruh yang cukup besar pada artikel kamu. gambar akan membuat artikel kamu lebih hidup, lebih interaktif dan yang pasti tidak akan membuat bosan pengunjung blog kamu. karena semakin betah pengunjung berlama-lama blogmu maka akan mendapatkan nilai plus darimesin pencari mengenai Bounce Of Rate

Gunakan minimal 1 gambar setiap postingan yang kamu buat, dan untuk membuat gambar SEO dimata mesin pencari selalu gunakan atribut Alt. dan usahakan nama gambar ssuai dengan ALt Text yang kamu buat. untuk gambar atur gambar agar tidak terlalu besar kalau perlu dikompres terlebih dahulu. karena kalau gambar telalu besar. maka load blog aku akan melambat/ lama.

5. Kata Kunci pada 100 Kata Pertama
Mbah Google sangat memperhatikan letak kata kunci yang kita tempatkan disetiap artikel yang kita buat. Artikel yang relevan setidaknya meiliki satu atau beberapa kata kunci yang diulang dalam satu artikel. meskipun untuk masalah kepadatan kata kunci masih menjadi kontroversi dikalangan beberapa pakar SEO. tapi sanagatlah dianjurkan untuk kamu membuat kata kunci di 100 kata pertama dalam artikel yang kamu tulis. karena kata kunci yang ditempatkan diawal akan mengindikasikan halaman tersebut dianggap penting.

6. Letakkan Kata Kunci Pada Tag H1
Langkah berikutnya adalah dengan meletakkan kata kunci pada Tag H1, karena Tag H1 harus ada dalam setiap artikel yang kamu tulis. dan jumlahnya harus satu, tidak boleh lebih. Tag H1 sangat berperan dalam penerapan SEO onpage. karena menurut penelitian artikel yang memiliki Tag H1 , akan lebih baik posisinya dimesin pencari dibanding dengan artikel yang tidak memiliki Tag H1.

7. Buatlah judul menggunakan Long Tail Keyword
Long Tail Keyword adalah kata kunci utama yang telah kita kembangkan menjadi 5 suku kata atau lebih. meskipun Long tail Keyword tidak masuk dalam riset kata kunci. tapi biasannya pengunjung lebih sering menggunakan long tail keyword untuk melakukan pencarian dihalaman google. buat judul yang menarik perhatian orang, contoh melampirkan tahun, yang terbaik, paling banyak dicari, terlengkap dan sebagainya.

8. Buat artikel yang panjang
Jika kamu seorang bloger yang membidik kata kunci yang memiliki kompetitor tinggi, sangat disarankan untuk membuat artikel yang panjang, minimal 1500 kata kalau bisa lebih. karena beberapa industri yang meneliti tentang SEO membuktikan bahwa artikel yang mengandung 1500+ memiliki peluang lebih baik dimata mesin pencari. oleh karena itu sangat disarankan membuat artikel yang mengandung lebih daari 1500+ kataitu kalau kamu memang membidik kata kunci yang memiliki kompetitor tinggi.

9. Gunakan kata kunci LSI
LSI merupakan kata kunci turunan yang masih memiliki keterkaitan dengan kata kunci yang kamu bidik. sangat dianjurkan untuk kamu dalam menulis artikel untuk memasukkan minimal 1 Kata kunci LSI. dengan memasukkan kata kunci LSI maka artikel yang kamu buat akan memiliki peluang lebih bagus di mata mesin pencari. dalam menerapkan kata kunci LSI diharapkan untuk tidak asal-asalan. karena terkadang yang menurut kita kata kunci LSI tapi menurut mesin pencari tidak. jadi kita harus tahu cara membidik kata kunci LSI. jadi cara yang terbaik adalah mengugunakan mesin pencari Google. 
misalkan kamu memasukkan kata kunci "SEO Onpage Pada Blog" silahkan masukkan pada mesin pencari google. maka kamu akan menemukan kata kunci turunan (LSI) tepat pada bagian bawah halaman google. disitu kamu akan banyak melihat link yang aktif. dan dari situ kamu bisa ambil kata kunci LSI untuk artikel kamu. Seperti Contoh dibawah ini.

Kata Kunci LSI
dari kata kunci diatas kamu bisa memasukkan beberapa kata kunci LSI untuk mendukung dalam pembuatan artikelmu agar lebih SEO Friendly.

10. Buatlah Konten yang berkualitas 
Buatlah artikel yang berkualitas, artikel yang berkualitas adalah artikel yang memiliki relevansi dengan kata kunci yang kita bidik. dan usahakan jangan melakukan kopi paste artikel dari orang lain. karena artikel yang baik akan memberikan point yang baik untuk blogmu. dan bisa saja kamu akan mendapatkan backlink gratis dari blogger terkenal/perusahaan penyedia backlink. dan itu akan membuat posisi blog mu akan semakin baik dimata mesin pencari.

Demikianlah informasi mengenai SEO Onpage yang bisa saya share ke kamu. dan apabila kamu memiliki langkah-langkah untuk Optimasi SEO Onpage yang lain atau mau menambahkan silahkan sampaikan dikolom komntar disqus yang disediakan. terimaksih dan semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: