Pengertian SEO dan Jenis SEO yang penting diterapkan pada blog, khusus pemula

SEO adalah singkatan dari Search Engine optimatization, yang mana teknik ini adalah teknik paling penting untuk mengoptimasi blog kita agar lebih mudah ditemukan pada mesin pencari.

Tujuna utama dari SEO adalah meningkatkan interaksi pengunjung dengan halaman blog kita, yang mereka temukan dari hasil pencarian pada mesin pencari. Seperti google,yahoo,bing, yandex dsb. dan ketika blog kamu menduduki peringkat 10 besar dari hasil pencarian maka blog kamu akan mempunyai peluang untuk ramai dikunjungi.

Pentingkah menerapkan SEO?
Peran SEO dalam sebuah blog sangat penting, karena blog yang dioptimasi dengan SEO atau yang kita kenal dengan bahasa SEO Friendly. bisa diibaratkan sebuah blog yang sudah diberi tanda-tanda yang sangat dikenal dan disukai mesin pencari. sehingga ketika pengunjung akan sangat mudah menumukan blog kamu dimesin pencari. sedangkan halaman Blog tanpa Optimasi SEO akan sangat sulit untuk ditemukan pada mesin pencari.

Pengertian SEO dan Jenis SEO

Saya beri ilustrasi untuk membantukamu memahami SEO secara sederhana seperti berikut.:

Kamu sedang mencari sebuah buku di dalam gudang buku yang ada dirumahmu. dengan keadaan gudang yang penuh dengan rak dan buku tanpa diklasifikasikan dengan judul dan tema buku yang sama. kamu sudah dpat dipastikan akan kesulitan menemukan buku yang kmau cari. berbeda ketika kamu manyusun buku sesuai dengan klasifikisi judul dan tema yang sesuai dan kamu menyusun dengan rapi. dan memberi tanda sesuai dengan tema buku nya. maka sudah dipastikan untuk menemukan buku tersebut kamu akan lebih mudah.

ilustrasi diatas hampir sama dengan mesin pencari, kita misalkan buku-buku adalah halaman blog kita dan buku-buku yang kita beri tanda kita ibaratkan adalah artikel yang sudah kita terapkan teknik SEO sedangkan gudang buku adalah internet. maka mesin pencari akan lebih mudah untuk menemuka artikel kita karena memang sudah diberikan tanda-tanda khusus yang mudah dikenali mesin pencari dan yang pastinya mesin pencari akan memberikan prioritas untuk artikel kamu.

Teknik SEO
ketika kamu sudah memahami apa itu SEO, otomatis kamu akan bertanya bagaimana cara menerapkan SEO itu pada Blog. perlu juga kau ketahui SEO saat ini terfokus kepada dua sisi. yang pertama ada SEO Onpage dan yang ke dua SEO Offpage. barikut ini akan dibahas mengenai SEO onpage dan SEO Ofpage secara detail sesuai dengan pemahaman saya.

SEO Onpage
merupakan cara untuk membenahi halaman blog kita sendiri agar sesuai dengan kriteria dan perilaku mesin pencari. jadi intinya SEO onpage itu hanya fokus kepada halaman blog kita sendiri. yang perlu kita perhatikan dalam menerapkan SEO Onpage ada 2 aspek. yang pertama adalah SEO dari sisi mesin pencari yang kedua adalah SEO dari sisi pengunjung. karena penerapan SEO pada halaman blog kita tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan trafik kunjungan dihalaman blog kita.

dengan membuat konten sedehana dengan bahasa yang ringan, dan sistem naigasi yang sederhana serta visualisasi yang menarik. akan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama pada halaman blog kamu.

SEO OffPage
merupakan cara optimasi yang dilakukan diluar dari halaman blog kamu. SEO Offpage terfokus ke cara promosi blog dan backlink. karena harus kamu ingat adalah, trafik yang kamu dapatkan tidak selamanya berasal dari trafik mesin pencari. bisa saja dari media sosial, dari mulut kemulut yang bisa membuat blog kamu semakin dikenal oleh orang banyak.

dan untuk teknik ini setiap blogger sudah banyak menggunakan teknik pribadi, untuk SEO offpage harus dilakukan berkesinambungan dan terus menerus. karena saya sendiri mempercayai untuk meprososikan sesuatu dan mendapatkan backlink itu membutuhkan kerja keras. tidak seperti SEO Onpage yang relatif lebih mudah untuk dipahami. SEO offpage akan memaksa kita untuk lebih aktif dan kreatif dalam mempromosikan blog kita dan bagaimana caranya untuk bisa memdapatkan backlink. 

demikianlah pembahasan singkat tentang SEO dan jenis SEO yang penting dalam membangun sebuah blog. kalau kamu ada masukan atau teknik seo yang berbeda dengan yang saya buat, silahkan tulis dikomentar. terimakasih dan semoga bermanfaat.

baca Juga:Optimasi SEO onpage pada blog

Subscribe to receive free email updates: