5 Cara mengatasi Laptop Blank Tetapi lampu Indikator Power Hidup

5 Cara mengatasi Laptop Blank

5 Cara mengatasi Laptop Blank - Memiliki Sebuah laptop yang sehat adalah impian semua orang, tetapi seiring berjalannya waktu kita tidak bisa menghindari kerusakan komponen yang ada pada Laptop kita. walaupun kita merawatnya dengan baik, suatu saat akan ada masanya, suatu masalah akan terjadi kepada Laptop Kesayangan kita. Nah salah satu masalah yang sering terjadi adalah Laptop Blank, tetapi lampu indikatornya menyala.

Jika kamu mengalami hal seperti diatas, kamu perlu coba cara dibawah ini untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Laptop Blank

1. Cek Layar Laptop
Untuk cara yang pertama adalah Cek Layar laptop kamu, kalau suara mesin CPU laptop kamu terdengar normal. maka bisa dipastikan memang masalah ada pada monitor laptop. untuk mencek apakah memang layarnya yang bermasalh kamu bisa menggunakan Layar eksternal. dan jika pada layar eksternal gambar muncul maka dipastikan Layar Laptopmu sudah bermasalah.

Langkah kedua dalam pencekan Layar adalah dengan menggunakan lampu senter. kamu bisa coba tes menggunakan lampu senter apakah ada tulisan terlihat dilayar laptopmu. dan kalau ada tulisannya maka dipastikan layar laptopmu bermasalah.

2. Atur Resolusi Layar
Salah satu penyebab layar blank adalah pengaturan resolusi layar yang melebihi kemampuan laptopmu. ini biasanya dijumpai pada laptop yang memang memiliki spesifikasi rendah. untuk melakukan pengecekan, kamu harus masuk ke menu safe mode.

Untuk masuk kesafe mode bisanya kit lakukan restart kemudian klik tombol f8 terus menerus sehinga laptop otomatis masuk ke menu safe mode. setelah itu maka masuklah kamu ke pengaturan resolusi layar. setelah berhasil menggantinya maka laptop harus kamu restart kembali

3. Bersihkanlah RAM / Ganti RAM
Untuk hal ini paling sering saya lakukan selain cara yang pertama. karena RAM dapat mempengaruhi keinerja layar. Ketika RAM laptopmu rusak bisa juga menyebabkan Layar laptop Blank. nah untuk memastikannya silahkan bersihkan dulu RAM laptopmu menggunakan karet penghapus.

Setelah kamu rasa sudah bersih kamu bisa coba kembali RAM nya apakah layar laptopmu kembali menyala atau tidak. kalau tidak menyala juga silahkan langkah selanjutnya yaitu mengganti RAM dengan yang baru. biasannya kalau penyebabmya RAM kotor/rusak pasti layar laptopmu akan menyala.

4. Menghapus CMOS
Pada bagian BIOS apabila terjadi kesalahan pada konfigurasi. maka dapat mengakibatkan salah satu fungsi komponen laptop tidak berfungsi. Termasuk juga layar Laptop kamu bisa menjadi blank. Untuk mengatasinya kamu harus masuk ke Safe Mode dan jiak sudah kembalikan lah pengaturan BIOS ke mode default atau normal. dengan cara begitu diharapkan semua kinerja komponen laptopmu akan kembali normal. tetapi dalam Mengatur komfigurasi BIOS saya himbau untuk kamu yang kurang paham agar berhati-hati.

5. Mengganti Layar
Ini adalah cara terakhir yang harus kamu lakukan, ketika setelah proses pengecekan seperti diatas tidak bisa membuat layar laptopmu menyala. saya menyarankan kepada kamu untuk membeli layar yang baru. karena secara kualitas sudah jelas barang yang baru itu jelas lebih baik dari pada barang yang second.

Baca Juga : 5 Penyebab Keyboard Laptop Kamu Macet dan Tidak Berfungsi

utuk mendapatkannya kamu bisa membelinya di toko komputer yang kamu percaya di daerahmu masing-masing. dan pastikan juga kamu sudah tahu jenis layar laptopmu sebelum membeli yang baru.

Demikianlah artikel mengenai 5 cara mengatasi laptop blank tetapi lampu indikator power hidup. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mengatasi masalh layar laptop blank. terima kasih.

Baca Juga: 9 Cara Memilih Laptop Untuk Desain Grafis rekomendasi Tekno ZOne.ID

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara mengatasi Laptop Blank Tetapi lampu Indikator Power Hidup"

Post a Comment