Apa penyebab Deindex pada konten blogmu? ini solusinya

deindex goggle
Gambar: Sumber Google


Seorang blogger pasti sangat membutuhkan yang namanya Search console untuk mengindex artikelnya pada sebuah mesin pencari. namun apa yang terjadi ketika konten blog/web kamu mengalami deindex pada hasil pencarian google.?

yang pasti kamu akan kehilangan trafik yang sangat besar, mengingat saat ini google adalah salah satu mesin pecari yang paling populer didunia. termasuk untuk di indonesia. untuk mangsa pasar mesin pencari google untuk di indonesia saat ini memang sangat besar, mencapai 97% dan untuk mangsa pasar bing dan yahoo masing-masing 1,66 dan 0,77 %.

jika kamu sudah submit URL blog kamu ke Google, pasti otomatis blog/web kamu akan masuk keindex google. jadi google bisa meng crawlig ke blog/website kamu dan otomatis blog kamu tampil di hasil pencarian. 

namun sayangnya ada situasi dimana google bisa melakukan deindex blog/web kamu. yang menyebabkan blog/web kamu menagalami deindex oleh google. nah disini saya akan membahas apa itu deindex google, penyebab dan cara mengatasinya.

Apa itu Deindex?? 
Deindex google adalah dimana situasi blog/web kamu sama sekali tidak bisa diindex oleh google. sehingga blog/web kamu tidak masuk dalam pencarian google. meskipun kamu mencari dengan berbagai kata kunci apapun tidak akan pernah muncul pada hasil pencarian google. karena memang google sudah melakukan deindex pada blog/web mu.

Deiindex biasanya dilakukan oleh google karena memang adanya pelanggaran terhadap guideline yang ditetapkan oleh google, rendahnya kualitas konten dan ada kode berbahaya di blog/ web kamu.

Cara Cek Domain deindex atau tidak
sebelum mengetahui penyebab domain deindex kamu bisa melakukan pengecekan dengan cara "site:namadomainakamu.com" pada pencarian google, apabila ada list beberapa artikel yang tidak muncul. dipastikan artikel/domai kamu mengalami deindex google. setelah langkah diatas kamu terapkan sekarang saatnya membahas penyebab dan cara mengatasi deindex google.

1. Duplikat konten
mengenai duplikat konten ini ada dua penyebab. yang pertama memang karena ada dua artikel yang sama dalam 2 web/blog yang berbeda. ini biasanya terjadi karena ada orang yang melakukan copy paste secara menyeluruh dengan artikelmu atau sebaliknya. jadi google dapat mendeteksi suatu konten blog hasil duplikat dari blog/web lain.

kedua adalah karena kamu mengupdate artikel pada blog kamu. jadi kamu mengganti urlnya otomatis google akan melakukan deindex pada konten kamu karena ada duplikasi konten pada blog/web kamu.

Solusi:
untuk solusi yang paling utama adalah hindari duplikasi konten atau hindari copy paste konten sebuah blog/web. karena ketika blog/web kamu terkena deindex google maka web/blog kamu mendapatkan reputasi buruk dari google karena sudah mencuri konten dari blog/web orang lain.

2. Konten terlalu sedikit
Konten terlalu sedikit adalah penyebab deindex google selanjutnya. karena konten blogmu terlalu sedikit google menganggap artikel/kontenmu berkualitas rendah dan tidak memberikan solusi kepada pengunjung blog. karena saya membaca beberapa konten dari beberapa blog. minimal sebuah konten berisi setidaknya 300-500 kata bahkan Baclink.io mengatakan idealnya sebauh konten berisi setidaknya 1890 kata.

Solusi:
untuk solusi, tidak ada cara lain selain menambahkan isi konten. setidaknya kamu bisa memperkaya isi konten kamu dengan gambar, diagram, bahkan video untuk menambahkan isi konten kamu.

3. Algoritma google berubah
perubahan Algoritma google dapat menyebabkan google de index konten atau blog kamu. kamu akan langsung deindex google kalau kamu melanggar algoritma terbaru dari google.

solusi:
jika kamu terkena deindex konten dan blog karena perubahan algoritma google yang berubah maka segeralah obah konten sesuai dengan update algotirma google terbaru. dan pastikan kamu selalu upadate tentang informasi pembaharuan algoritma google.

itulah beberapa penyebab deindex konten yang biasanya teradi pada blog kamu. semoga bermanfaat untuk kita semua. dan semoga yang megalami hal diatas masalahnya terpecahkan.





Subscribe to receive free email updates: