5 Istilah SEO yang harus kamu pahami, Khusus Pemula

5 Istilah SEO yang harus kamu pahami

5 Istilah SEO


5 Istilah SEO yang harus kamu pahami -  menjadi seorang blogger memang memiliki tantangan yang snagat besar. Selain kamu harus belajar tentang bagaimana menulis yang baik, kamu juga harus mempelajari tentang SEO yang memang ketika awal belajar sangat sulit.

Awalnya jujur saya sangata sulit unutk mempelajari bagaimana SEO itu. walaupun sekarang saya masih belum begitu mahir tapi setidaknya saya sudah paham SEO itu apa. dan bagaimana membuat artikel/konten kita agar SEO dan ramah dengan algoritma mesin pencari.

untuk mempelajari SEO memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. dan memang Saya harus mempelajari dari beberapa referensi blog dan melakukan beberapa eksperimen langsung di blog saya. barulah saya pamaham penerapan SEO itu bagaimana dan apa manfaatnya untuk blog kita.

setelah saya mempelajari apa itu SEO, ternyata ada banyak istilah-stilah yang harus kita ketahui dan pahami Dalam SEO. kenapa kita harus tahu istilah-istilah SEO? supaya kita paham dan mendapatkan petunjuk untuk mempelajari SEO tersebut. apalagi untuk pemula seperti saya.

Berikut ini akan saya jabarkan 5 Istilah Seo yang harus kamu pahami:
1. SEO (Search Engine Optimization)
awalnya saya bingung apa sebenarnya arti dari 3 huruf diatas. karena yang saya baca dan mengikuti grup khusus blog di sosmed. ketika blog kita ingin cepat muncul dimesin pencari ya kita harus pelajari SEO. dan setelah saya membaca dan terus belajar ternyata SEO itu adalah optimasi mesin pencari . jadi SEO itu adalh upaya si pemilik blog untuk mengoptimasi blognya supaya mudah ditemukan mesin pencari dengan melibatkan hal-hal yang disukai mesin pencari.

2. SEO onpage dan SEO offpage
SEO onpage dan SEO offpage merupakan istilah yang harus kamu pahami ketika kamu ingin terjun kedunia blogger. karena memang SEO sangat erat hubungannya dengan bagaimana cara sipemilik blog agar blognya mudah ditemukan dimesin pencari.

Jadi sebenarnya apa itu SEO Onpage dan SEO Offpage?
SEO Onpage adalah segala sesuatu segala upaya yang dilakukan diluar blog dengan melibatkan faktor-faktor yang disukai mesin pencari. mulai dari bagaimana menulis artikel yang SEO friendly, bagaimana memilih dan membuat tempalte yang SEO friendly. 

Sedangkan SEO Offpage adalah segala sesuatu yang dilakukan diluar blog namun masih memberikan pengaruh terhadap blog kamu. contoh dari SEO Offpage adalah promosi Offline maupun online. membangun backlink dan sebagainya.

3. Backlink, internal link dan eksternal link
Istilah selanjutnya adalah Backlink, internal link dan eksternal link. istilah ini juga sering kita dengar. apalagi untuk blogger pemula banyak yang menyarankan untuk membangun backlink supaya blog kita bisa dengan mudah mendatangkan visitor.

Backlink
bakclink adalah link yang menuju ke blog kamu tetapi linktersebut berasal dari blog orang lain. keberadaan backlink didalam sebuah blog sangat penting. karena backlink merupakan support terhadap blog kamu. karena blog yang memiliki backlink sangat mudah ditemukan dimesin pencari.

Internal link
internal link adalah link antar artikel didalam blog yang sama. kita banyak melihat di hampir semua blog. itu menerapkan internal link. contoh dari internal link adalah ketika kita membaca sebuah blog sering kita temukan istilah baca juga,atau langsung link aktif yang bertujuan memberikan informasi kepada pembaca bahwa ada informasi yang masih berhubungan dengan artikel yang mereka baca. dan pembaca bisa langsung mengklik link tersebut tanpa harus lihat artikel kita satu persatu.

tujuan dari internal link ini umumnya adalah untuk meningkatkan pageview pada blog kita. makanya usahakan membuat internal link ke artikel yang masih relevan keterkaitannya.]

Eksternal link
eksternal link adalah link yang kita tanam diblog kita, tetapi ketika diklik oleh pengunjung blog akan mengarah kepada blog orang lain. tidak jauh berbeda dengan internal link. fungsi dari eksternal link adalah untuk memberikan informasi tambahan, atau bisa juga untuk memberitahukan kita mengambil referensi artikel dari mana

4. SERP
Saya awalnya bingung ketika ada teman blogger mengatakan SEO dapat menigkatkan SERP dimesin pencari. Istilah SEO saja masih bingung malah ada istilah baru. jadi setelah saya pelajari ternyata SERP itu adalah istilah hasil pencarian mesin pencari, seperti Google,bing,yahoo, dsb.

sebagai coontoh, ketika kamu ingin mencari informasi dari google maka itu lah yang disebut SERP.

5. Pageview dan Visitor
beberapa bloger pemula masih sering menyamakan antara pageview dan visitor. sama seperti saya dulu ketika baru mengenal blog.

setelah saya pelajari pagepiew adalah jumlah halaman blog yang dibuka oleh visitor atau pengunjung . sedangkan visitor adalah pengunjung blog kamu. jadi ketika pengunjung blog kamu hanya membuka 1 halam blog saja. jadi pageview blog kamu adalah satu. jadi semakin banyak halaman blog yang dibuka maka pageview blog kamu akan semakin bayak. yang harus kamu ingat adalah.
Jumlah pageview tidak akan pernah lebih sedikit dari jumlah visitor.

Sebenarnya masih banyak istilah SEO yang harus kamu pahami sebagai seorang bloger, dan untuk mempelajari SEO sebenarnya sangat mudah. kuncinya kamu rajin membaca dan rajin bereksperimen untuk mempraktekkan SEO itu secara langsung. 

Apabila kamu memiliki istilah SEO yang lain. silahkan ditambahkan dikolom komentar. semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates: