4 Penyebab Blue Screen Yang Sering Terjadi Pada Laptop/PC

Blue Screen
Sumber Gambar: www.catatanteknisi.com

Blue screen dalam bahasa Indonesia berarti Layar biru. saat dimana Layar Laptop/komputer kalian manampilkan layar biru dengan tulisan putih. jadi layar biru ini hanya diperuntukkan untuk perangkat komputer/laptop saja. tidak berlaku dengan Televisi yang mana akan terjadi layar biru ketika TV tidak terhubung dengan antena.

Ble Screen terjadi pada saat Sistem operasi Windows mengalami kesalahan (error) sehingga sistem operasi teraksa dihentikan. Blue screen hanya terjadi ketika Laptop kamu memiliki/dipasang Sistem Operasi Windows. Blue screen merupakan Cara sistem operasi windows untuk menangani kesalahan yang mengharuskan sistem operasi berhenti bekerja. kesalahan ini tentunya tidak terjadi tiba-tiba.

ada beberapa penyebab blue screen pada komputer/laptopmu. itu sesuai dengan pesan yang ditampilkan ketika ble screen terjadi. jadi kamuharus cepat melihat pesan tersebut sebelum komputer/laptopmu restart.

Berikut 4 kesalahan yang biasanya terjadi ketika Komputer/laptopmu Mengalami Blue screen. 

1. Driver yang di install mengalami kerusakan
Blue Screen ini umumnya menyertakan pesan IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL dengan kode 0X0000000A atau pesan VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE. Hal ini terjadi umumnya karena sistem operasi tidak mendeteksi dengan baik perangkat (baru) yang dihubungkan sehingga driver yang (secara manual atau otomatis) di-install mengalami kerusakan (crash).

Saat Bill Gates mempresentasikan Windows 98 di COMDEX pada tanggal 20 April 1998 (saat itu Windows 98 belum diluncurkan untuk publik). Asisten Bill Gates menghubungkan sebuah scanner ke komputer dengan sistem operasi Windows 98. Namun hal yang sangat memalukan perusahaan Microsoft ini terjadi, komputer tersebut tiba-tiba mengalami Blue Screen.

Ya, hardware bisa jadi penyebab terjadinya Blue Screen, jika Anda menggunakan komputer PC dan meng-upgrade salah satu komponen (misalnya VGA Card) biasanya Anda diminta untuk meng-install driver, benar begitu? “Driver” dimaksudkan untuk “mengenalkan” perangkat keras yang baru kepada sistem operasi sehingga sistem operasi dapat mengenali perangkat tersebut sesuai dengan fungsinya.

2. Kesalahan pada File System
Blue Screen ini umumnya menyertakan pesan NTFS_FILE_SYSTEM dengan kode 0X00000024 atau pesan FAT_FILE_SYSTEM dengan kode 0X00000023.

File system yang digunakan pada sistem operasi Windows diantaranya FAT, FAT32, NTFS. Artinya, saat komputer mengalami Blue Screen dengan pesan seperti diatas, maka kesalahannya terletak pada salah satu partisi hard disk atau file systemnya. Tidak perlu sampai melakukan format partisi hard disk untuk memperbaiki kesalahan ini, cukup check partisi hard disk dengan perangkat lunak dengan fitur check disk. Atau jika Anda menggunakan komputer PC (Desktop) tidak ada salahnya memeriksa kabel (power dan data) hard disk didalam komputer Anda.

3. Komponen Komputer yang terlalu Panas (over Heat)
Blue Screen ini umumnya menyertakan pesan UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP dengan kode 0X0000007F atau pesan MACHINE_CHECK_EXCEPTION.

Perangkat elektronik, apapun itu pasti menggunakan energi listrik untuk dapat beroperasi, energi listrik yang mengalir melalui komponen elektronik yang umumnya berbahan logam (konduktor/penghantar panas yang baik) memiliki “efek samping” diantaranya peningkatan suhu pada komponen tersebut. (Baca Juga: CPU Panas)

Oleh karena itu penting dalam setiap (khususnya) komputer terpasang cooling pad (semacam kipas) untuk selalu menjaga agar suhu komponen tersebut tetap stabil, karena apabila komponen elektronik mengalami panas, maka kinerja perangkat akan menjadi menurun.

4. Kerusakan RAM atau Slot RAM pada Motherboard
Blue Screen ini umumnya menyertakan pesan DATA_BUS_ERROR atau PEN_LIST_CORRUPT. Kerusakan pada hardware memang lebih sering menyebabkan Blue Screen pada sistem operasi Windows, karena memang fungsi utama dari suatu sistem operasi (apapun itu) untuk menjembatani hardware, software dan brainware. Oleh karenanya sistem operasi “enggan” melanjutkan proses saat hardware mengalami kerusakan terlebih jika komponen RAM (atau slotnya) yang mengalami kerusakan.

itulah beberapa penyebab Blue screen yang sering terjadi pada laptop/atau PC kamu. kalau saya sendiri yang paling sering adalah point yang nomor 3 bagaimana dengan kamu.silahkan isi dikolom komentar. semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: