Casing CPU Nyetrum, Ini Penyebab dan Cara mengatasinya yang harus kamu tahu

Casing CPU nyetrum - Bagi Kita yang memiliki komputer yang memiliki CPU sebagai pusatnya. pasti pernah merasakan kesetrum ketika kita menyentuh caing dari CPU yang kita miliki. hal tersebut sebetulnya sangat membahayakan bagi pengguna, apalagi dirumah kita ada anak kecil yang suka bermain terlalu dekat dengan CPU yang sedang menyala.

Casing CPU Nyetrum, Ini Penyebab dan Cara mengatasinya

mungkin beberapa dari kita sudah tahu apa penyebabnya, tetapi bagi kamu yang penasaran apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. berikut ini akan dibahas beberapa penyebab dan cara mengatasi Casing CPU nyetrum.

1. Buruknya sistem Grounding
Pada dasarnya, setiap barang elektronik, memiliki sistem grounding sendiri. sistem grounding ini berfungsi untuk mengalirkan arus listrik berlebih. sehingga tidak mengakibatkan efek kesetrum kepada penggunanya. dan sayangnya pada sistem grounding komputer di Indonesia sepertinya sepele dengan hal ini.

Di Indonesia, mungkin juga kita salah satunya pengguna komputer yang kurang memperhatikan Sistem grounding komputer. kita measih sering ceroboh membiarkan kabel komputer berseliweran dilantai sehingga terkadang terinjak dan mengakibatkan kabel rusak dan dpat mengakibatkan kesetrum bagi yang menginjaknya.

2. Adanya Kebocoran Arus dari Power Supply
Kita mengetahui, untuk menjalankan komponen-komponen sebuah komputer, memerlukan bantuan Power Supply sebagai pengantar arus ke komponen-komponen komputer kita. dengan adanya power supply maka arus AC akan Diubah menjadi arus DC.

Kebocoran arus sering terjadi melalui Motherboard. karena motherboad menempel langsung dengan casing CPU dan langsung terhubung dengan power supply. maka ketika ada arus yang berlebih terkadang mengakibatkan Casing CPU juga diaaliri arus listrik.

Nah, untuk meminimalisir hal diatas terjadi dibawah ini cara mengatasi supaya tidak kesetrum ketika menyentuh Casing CPU

1. Gunakan alas kaki
Menggunakan alas kaki seperti Sendal akan menghindarkan kamu dari kesetrum yang diakibatkan Casing CPU. karena Sendal terbuat dari karet dan dapat memutus arus listrik ketika kita menyentuh casing CPU.

2. Gunakan Karpet pada lantai
Karpet juga dapat memutus arus listrik, dan akan mencegah kita dari kesetrum ketika kita menyentuh Casing CPU. karena arus listrik akan dialirkan ke karpet terlebih dahulu jadi arus listrik tidak akan terasa apabila kita meyentuh casing CPU.

3. Ganti Power Supply
salah satu cara yang paling ampuh adalah Segera ganti power Supply ketika terjadi kebocoran arus. karena biasanya ketika terus dibiarkan maka akan merambat kekomponen komputer lain. dan pastikan sebelum membeli power supply yang baru kamu harus tahu jenis power supply yang kamu inginkan. dan saya rekomendasikan adalah power supply yang biasa dipakai PC gaming. kerena biasanya power supply yang dipakai PC gaming Lebih aman.

4. Tempelkan Casing CPU ke tembok
Cara berikutnya untuk menghidarkan Kesetrum Casing CPU adalah dengan menempelkan Casing CPU Ketembok. dengan begitu arus listrik akan mengalir ketembok dan kita tidak akan takut lagi kesetrum.

Demikianlah beberapa penyebab dan cara mengatasi Kesetrum Casing CPU. Perlu kamu ketahui apabila kamu menyentuh casing CPU dan kamu tersetrum. maka bisa dipastikan ada masalah pada bagian PC kamu. dan kamu harus secepatnya melakukan tindakan agar tidak terjadi kerusakan pada komponen komputermu. Semoga bermanfaat dan bisa membantu. dan kalau kamu suka dengan artikel ini. kamu bisa share artikel ini ketemanmu supaya semakin banyak yang terbantu dengan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Casing CPU Nyetrum, Ini Penyebab dan Cara mengatasinya yang harus kamu tahu"

Post a Comment