Spyware Bisa masuk lewat panggilan suara WA '"hati-hati datamu dicuri"

Spyware Bisa masuk lewat panggilan suara WA

Spyware Bisa masuk lewat panggilan suara WA - 
WA saat ini menjadi favorit oleh pengguna ponsel android dan iOS sebagai aplikasi pengirim pesan yang sangat diandalkan. karena memang dilengkapi fitur-fitur menarik dan lengkap. iabarat kata WA adalah paket komplit. karena selain bisa berkirim pesan teks,bisa juga berkirim voice mail,dan paling sering dipakai adalah video call.

Tetapi semua kecanggihan itu tidak didukung dengan perlindungan data yang sangat kuat oleh pencipta aplikasi. kenapa saya mengatakan demikian? karena sekarang ini saya sudah banyak membaca artikel dibeberapa web berita. ada orang yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan celah dari sistem yang berjalan pada WA kamu. untuk mencuri data-penting dari HP mu.

Ya, celah yang dimanfaatkan itu adalah panggilan suara. ketika kamu sedang melakukan panggilan suara seseorang yang tidak bertanggung jawab bisa menyisipkan Spyware di HP mu, untuk mencuri data penting yang ada di hp mu. 

walaupun panggilan hanya missed called, spyware tersebut bisa menyelinap masuk ke HP mu. dan memang pihak WA sudah memperbaiki hal itu. seperti dilansir oleh Kompas.com. Pihak dari WA langsung merilis patch terbaru untuk menambal celah keamanan yang sempat bocor tersebut. dan pihak dari WA sendiri mengingatkan pada para pengguna WA untuk selalu menggunakan WA update terbaru. untuk mencegah terjadinya pencurian data seperti yang disebutkan diatas.

Pihak WA sendiri menemukan objek pembuat spywer ini diduga berasal dari israel yang dibuat oleh NSO group. yang memang terkenal dengan pembauat spyware untuk kalangan pemerintahan.  jejak digital NSO group ditemukan dalam spyware saat diteliti oleh tim IT dari WA sendiri. dan pihak WA menyimpulkan bahwa spyware yang menyusup pada aplikasi WA mirip dengan spyware buatasn NSO group.

Spyware pengincar kelemahan voice call ini pertama ditemukan pada ponsel pengacara asal london, sekelompok jurnalis asal meksiko dan seorang warga Qatar.

Dan pihak NSO Group pun merespon adanya berita munculnya Spyware di aplikasi WA. mereka mengatakan bahwa teknologi mata-mata buatannya sebagai alat pihak pemerintah untuk memerangi terorisme. dan Pihak NSO Group sendiri menegaskan tidak pernah mengincar personal ataupun organisasi dalam memakai teknologi mata-matanya.

jadi saya menyarankan untuk kamu pangguna aplikasi WA, update lah aplikasi WA kamu ke versi terbaru untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. karena otomatis aplikasi terbaru pengamanannya lebih baik. sekina dari saya tentang pembahasan maslah Spyware yang bisa mencuri data kita. terimakasih dan semoga bermanfaat.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Spyware Bisa masuk lewat panggilan suara WA '"hati-hati datamu dicuri""

Post a Comment