Perangkat Keras Komputer Besarta Fungsinya Lengkap Yang Harus Kamu Tahu

Perangkat Keras Komputer Besarta Fungsinya Lengkap - Mendengar kata perangkat keras komputer, mungkin bagi kamu yang sudah familiar mungkin sudah tahu. dan kmau juga pasti sudah tahu apa saja perangkat keras komputer tersebut juga apa saja fungsinya.

Tapi diantara kita juga masih banyak yang awam dan tidak tahu apa itu perangkat keras. karena itulah saya akan membahas apa saja perangkat keras komputer, dan saya akan jabarkan secara lengkap beserta fungsinya. mari kita simak bersama-sama

Apa itu Perangkat Keras Komputer?
Perangkat keras yang biasa disebut sebagai hardware adal;ah perangkat yang bisa dilihat secara nyata, dan dapat diraba dengan nyata.  yang fungsinya untuk mendukung proses komputerisasi dan bekersama dengan software untuk menjalankan proses komputerisasi.

Bagi kamu yang masih pernah mempelajari mata pelajaran TIK di SMP. pasti tahu perangkat keras komputer itu terdiri dari 3 bagian utama. yaitu perangkat input, perangkat proses dan output (keluaran). yang mana ketiga bagian ini memiliki fungsi satu sama lain dan saling mendukung. dan apabila salah satu bagian tersebut ada yang rusak. pasti akan mempengaruhi kinerja komputer.

langsung saja kita bahas apa saja fungsi dari bagian-bagian erangkat keras seperti yang sudah kita bahas diatas.

Perangkat keras Input (input Device)
Perangkat input adalah Unit masukan yang berfungsi untuk memberikan input kepada komputer melalui sistem operasi dengan perantara driver. dan biasanya alat ini tidak menyatu didalam komputer.

Contoh perangkat keras input

1.Keyboard


Keyboard

Keyboard merupakan perangkat yang berfungsi memberikan input kekomputer, yang kemudian diproses dan disimpan oleh sistem yang ada dikomputer. contohnya kamu mengetikkan perintah huruf "A" maka akan langsung diproses dan dieksekusi untuk di tampilkan di monitor dengan mengeluarkan huruf "A"

Baca Juga: Jenis-Jenis Keyboard yang harus kamu ketahui

2. Mouse


Mouse

Mouse adalah perangkat keras input berikutnya, mouse disebut juga sebagai pointer, atau alat untuk menunjuk yang bisa diarahkan oleh pengguna berselancar untuk menemukan datanya di komputer.  Mouse memiliki 3 Fungsi yaitu:

  • Klik untuk memilih, memilih dokumen, aplikasi, dll
  • double klik untuk membuka file, menjalankan aplikasi dsb
  • scrol untuk membuka layar keatas dan kebawah 
dengan seiring waktu dan perkembangan teknologi mouse juga mengalami perubahan desain, ukuran dan bentuk. contohnya saja pada laptop. fungsi mouse sudah digantikan oleh touchpad. dan posisinya menyatu dengan laptop itu sendiri. 

3. Joystick


Joystick

Bagi kamu seorang gamer, pasti sudah tidak asing dengan perangkat yang satu ini. karena dengan perangkat masukan kamu bisa bebas memberikan perintah dalam bermain game. kamu tingal tekan tombol yang ada sesuka kamu. dengan kamu menekan salah satu tombol berarti kamu memberikan perintah kepada komputer kamu. dan komputer akan memprosesnya dengan menggerakkan game yang kamu mainkan sesuai dengan perintah.

4. Scanner

Scanner

Scanner salah satu perangkat keras masukan, dan memiliki fungsi untuk memasukkan data kedalam komputer. kamu bisa mengirim data kamu berupa foto dan dokumen melalui scanner dan akan diproses melalui bantuan aplikasi untuk masuk dan ditampilkan dikomputer.

5. Microfon


Microfon

Mikrofon juga sebagai perangakat keras masukan. melalui microfon kamu bisa memasukkan suara kamu kedalam microfon, kembali lagi dengan bantuan aplikasi atau software ketika kamu mulai berbicara/menyanyi di microfon maka suara kamu akan diproses dan kemudian bisa masuk kedalam komputer.

6. Webcam


Webcam

webcam merupakan perangkat keras msaukan, webcam diciptakan untuk menangkap sinyal vidio yang dikirimkan oleh pengguna. selanjutnya dimasukkan kekomputer sebagai masukan.

Webcame biasanya digunakan untuk fasilitas video call melalui jaringan internet, hasil video yang direkam oleh webcam diproses melalui komputer dan dikirim kepada teman kamu saat melakukan video call. dan saat ini webcame sudah jarang digunakan, karena semakin banyaknya orang beralih kelaptop. yang sudah memiliki webcam portable yang langsung menyatu dengan laptop.


Perangkat Keras Proses
Perangkat Keras Proses ini berperan sebagai penengah antara perangkat keras masukan dan perangkat keras keluaran yang dilakukan sebuah hardware. yang berfungsi melakukan olah data atau eksekusi perintah terhadap data yang dimasukkan.

Contoh perangkat keras Proses
1. RAM 


RAM

RAM merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menuimpan data sementara pada komputer. jadi saat kamu memasukkan perintah kedalam komputer. maka RAM akan menyimpan sementara perintah tersebut, sebelum dikirim ke Prosesor untuk kemudian diproses.

2. Prosesor


Prosesor

prosesor merupakan perangkat keras yang serng kita sebut sebagai otak dari komputer untuk mengekseskusi sebuah perintah. seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. segala perintah yang diterima oleh prosesor semua akan dieksekusi oleh prosesor sebelum itu diolah menjadi suatu hasil baik itu kedalam bentuk tampilan visual,tampilan suara, maupun data.

3. Motherboard


Motherboard

Motherboard atau sering kita singkat dengan mobo. perangkat ini berfungsi sebagai tempat meletakkan perangkat penting komputer seperti Processor, ram, VGA card dan masih banyak lagi. 

4. Kartu grafis

Kartu grafis

Kartu grafis atau disebut juga sebagi kartu video. perangkat ini wajib ada disetiap komputer. karea tanpa adanya kartu grafis tampilan dilayar komputermu tidak akan ada. Semakin bagus Spesifikasi kartu grafis yang kamu miliki maka kemampuan menampilkan video dengan kualitas terbaikpun akan kamu dapatkan.

5. Hard Disk


Hard Disk

Hard Disk juga merupakan Perangkat proses yang harus ada didalam komputermu. karena tanpa adanya hard disk. segala yang di proses tidak akan bisa disimpan. karena hard disk berfungsi sebagai media penyimpanan. selain menjadi media penyimpanan. hard disk adalah tempat untuk menjalan kan sistem operasi komputer. seperti Windows, linux dsb.

6. Power Supply


Power Supply

Power Suply berfungsi sebagai sumberdaya dari komputer. power supply berfungsi sebagai pmbagi arus ke komponen-komponen penting yang ada dikomputer. tanpa adanya power supply komputermu tidak akan bisa bekerja.

Perangkat Keras Output 
oerangkat keras output berfungsi untuk menampilkan atau menghasilkan keluaran dari data yang diproses. 

Contoh perangkat keras Output

1. Monitor


Monitor

Monitor berfungsi sebagai alat untuk menampilkan gambar kepada pengguna. agar pengguna bisa berinteraksi dengan komputer pastinya semuanya wajib memiliki monitor. karena semua yang kita lakukan di komputer melalui perangkat keras input dan proses akan dapat kita saksiakn melalui monitor komputer.

2. Printer


Printer

Printer adalah perangkat keras keluaran yang berfungsi untuk mencetak data yang telah kita masukkan kedalam komputer. yang bisa berupa dokumen dan gambar.

3. Speaker
Speaker

Speaker merupakan perangkat keluaran untuk menghasilkan suara. kita mengirimkan sinyal audio melalui microfon kemudian diproses melalui perangkat proses dan sinyal auidio tersebut kemudian dikeluarkan melalui Speaker.

sekarang ini ada beberapa perangkat komputer yang memang sudah disediakan speakare di perangkatnya. tetapai untuk menghasilkan suara yang baik, kamu bisa menambahkan speaker lain.


Demikianlah pembahasan tentang Perangkat Keras Komputer beserta Fungsinya lengkap. semoga bisa membantu kamu yang memang kurang paham tentang perangkat keras. dan kamu juga bisa jadikan ini referensi mengerjakan tugas sekolah. terima kasih dan semoga bermanfaat untuk kita semua.

Baca Juga: Ternyata inilah penyebab baterai laptop baru cepat habis

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perangkat Keras Komputer Besarta Fungsinya Lengkap Yang Harus Kamu Tahu"

Post a Comment