Jenis - Jenis Keyboard Komputer yang wajib kamu tahu

Jenis - Jenis Keyboard Komputer - Bagi Kamu pengguna PC pasti tidak asing lagi dengan perangkat keras komputer satu ini. karena keyboar merupakan salah satu perangkat keras yang memiliki peranan sangat penting. Keyboard adalah sebuah papan yang terdiri dari tombol yang berfungsi untuk melakukan input kalimat dan simbol-simbol khusus kedalam komputer.

Ada beberapa macam keyboard yang sudah pernah kamu pergunakan dirumah? mungkin dari kita kebanyakan hanya pernah menggunakan keyboad QWERTY saja, sama seperti saya. Kenapa dikatakan keyboard QWERTY ya karena susunan tombol tersebut disusun tepat berampingan.

Tapi tahukah kamu, sebenarnya Keyboard itu sendiri diciptakan berbagai jenis. diciptakan untuk memudahkan pengguna dalam mengetik, baik itu mengetik huruf,angka dan simbol lainnya.

Jenis-Jenis Keyboard
Dibawah ini akan kita bahas bersama-sama jenis-jenis keyboard dengan model yang berbeda dan pastinya memiliki susunan tombol yang berbeda pula.

1. Keyboard QWERTY


Keyboard QWERTY

Jenis Keyboard yang paling populer ini (QWERTY) pertama kali dibuat oleh Scholes, Glidden, dan Soule ditahun 1878. yang mana pada saat itu juga dijadikan standar Mesin Tik
Komersil pada tahun 1905. dan Keyboard ini sampai sekarang merupakan keyboad yang paling banyak digunakan oleh orang diseluruh dunia.

Keyboard QWERTY diciptakan sedemikian rupa dalam penempatan tombol-tombolnya. contohnya saja penempatan tombol yang paling sering digunakan diletakkan sejauhmungkin untuk menghindarkan kemacetan dalam peroses pengetikan. dan walaupun keyboard ini sudah diciptakan sedemikian rupa tetap masih ada kelemahan yang ditemukan.

Contohnya saja ketidak efisienan penempatan pada tombol keyboard QWERTY adalah penempatan tombol "a" yang mana tombol ini adalah salah satu tombol yang paling sering kita tekan. tetapi haraus dilakukan oleh jari kelingking yang memang posisinya sangat lemah.

2. Keyboard Klockenberg


Keyboard Klockenberg

Dicitakannya Keyboard Klockenberg ini tujuannya tidak lain adalah ingin menyempurnakan penggunaan keyboard lain. dengan cara memisahkan keyboard menjadi dua bagian terpisah antara bagian kiri dan bagian kanan.

Kedua bagian tersebut dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan mengarah miring kebawah. tombol pada keyboard Klockenberg ini didesain lebih tipis dan lebih dekat dengan meja kerja. dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

kekurangan dari keyboard ini adalah karena memiliki bagian terpisah, maka akan lebih memakan tempat dibandingkan keyboard QWERTY.

3. Keyboard DVORAK


Keyboard DVORAK

Keyboard DVORAK ini diciptakan sedemikian rupa. supaya tangan sebelah kanan lebih memiliki kinerja lebih banyak dibandingkan dengan tangan sebelah kiri. keyboard ini diciptakan pada tahun 1932. dan dari hasil ujicoba yang sudah dilakukan beberapa pengamat memang keyboard DVORAK lebih efektif penggunaannya dibandingkan dengan Keyboard QWERTY.

4. Keyboard Maltron


Keyboard Maltron

Keyboad Maltron ini dari segi tampilan paling berbeda dari keyboard lainnya. karena desainnya melengkung kedalam. dimana diharapkan agar jari-jari pengguna lebih nyaman karena posisi jari tidak membentuk garis lurus.

Pembuat keyboard maltron sendiri memberi jaminan akan kenyamanan dalam mengunakan keyboard ini pada saat mengetik. sehingga tidak akan menyebabkan RSI (Revetitive Stress Ijnuries)

Dan keyboard ini juga diklaim mampu meningkatkan kecepatan mengetik karena dapat mengoptimalkan penggunaan 10 jari dalam pengetikan.

5. Keyboard Chord


Keyboard Chord

Nah kalau Keyboard Chord ini hanya diciptakan beberapa tombol saja. jadi jika kamu ingin memasukkan suatu huruf/angka kamu harus menekan beberapa tombol secara bersamaan.

kalau dari segi ukuran Keyboard Chord ini lebih unggul dari keyboad yang lainnya. dan lebih friendly apabila digunakan dengan aplikasi portable. dari segi kecepatan memang keyboard ini dapat diunggulkan namun masih kurang populer. dan untuk pengguna baru akan mengalami kelelahan. karena harus menggunakan beberapa tombol untuk menuliskan satu karakter.

6. Keyboard Alphabetic


Keyboard Alphabetic

Kalau dilihat dari bentuknya keboard Numerik ini menyerupai bentuk Keybaor QWERTY dan DOVAK. tapi kalau kita lebih teliti melihantnya. penyusunan tombolnya sesuai dengan alphabet mulai dari A-Z. dan biasanya keyboard seperti ini sering kita jumpai pada mainan anak-anak. yang mana tujuannya untuk memudahkan anak-anak dalam belajar alphabet.

dan dari hasil penelitian, susunan keyboard Alphabetic tidak lebih cepat dari keyboard lain dalam proses pengetikan. karena posisi huruf yang saling menyilang. tanpa ada pembagian huruf untuk sebelah kiri dan kanan.

7. Keyboard Numeric


Keyboard Numeric

Keyboard Numeric ini diciptakan berdasarkan permintaan pengguna. yang mana pengguna menginginkan posisi tombol numeric lebih mudah dijangkau oleh tangan pengguna.

biasanya jika ingin memasukkan angka dalam jumlah bilangan yang besar.
orang akan lebih menyukai keyboard numeric ini. dan inilah dasar dari penciptaan keyboard numerik ini.

Demikianlah pembahasan tentang jenis-jenis Keyboar komputer yang wajib kamu tahu. kalau bagi saya yang manapun itu keyboard yang kamu pakai. yang harus diingat adalah kenyamanan dalam menggunakannya. dan kalau kamu punya pengalaman dalam menggunakan beberapa keyboard diatas kamu bisa menulisnya dikolom komentar disqus yang diseiakan. terimasih semoga bermanfaat untuk kita semua.

Baca Juga: Apa Fungsi Tonjolan Pada huruf F dan J pada keyboard? Kamu harus Tahu!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis - Jenis Keyboard Komputer yang wajib kamu tahu"

Post a Comment