Cara Menulis Artikel SEO Untuk Pemula dengan Mudah

Cara Menulis Artikel SEO Untuk Pemula


Cara Menulis Artikel SEO Untuk Pemula - Semua bloger pada umumya akan menginginkan blog yang dibangunnya memiliki visitor  yang banyak. padahal untuk menarik visitor itu sangat dibutuhkan proses yang sangat panjang. Kalau itu benar, kamu harus mau belajar SEO. dan yang paling utama adalah bagaimana menulis artikel SEO yang baik. nah untuk itu kamu berada pada tempat yang benar. karena dalam artikel ini saya akan membahas bagaimana cara menulis artikel SEO untuk belogger Pemula.

Sebelum saya membahas cara menulis artikel SEO, ada baiknya kita pahami Apa Itu SEO dan bagaimana menerapkannya didalam artikel kita.

Pengertian SEO dan Konsep Dasar SEO
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimatization, merupakan suatu teknik untuk memaksimalkan blog/web kita di mesin mencari dan untuk mendapatkan peringkat blog/website kita di mesin pencari.

mesin pencari mempunyai algoritma masing-masing untuk mengurutkan masing-masing blog/web berdasarkan peringkat. dan disinilah kita menerapkan SEO supaya blog/website kita bisa bersahabat dengan Algoritma Mesin Pencari.

Mengapa SEO penting Untuk artikel blog kamu??
Sejak adanya google sebagai mesin pencari, Banyak orang yang mencari informasi didunai online dengan memanfaatkan google sebagai medianya. dan memang google adalah mesin pencari yang paling besar pada saat ini. Dengan menerapkan SEO pada penulisan artikel Blog kita. kita akan bisa mendapatkan pengunjung yang banyak. bahkan kita bisa mendapatkan pengunjung blog sampai 1.000 perhari, karena dizaman sekarang ini semakin banyak orang yang haus akan informasi dan akan terus mencari informasi melalui mesin pencari.

Gunakan keyword yang tepat sasaran
untuk mencari keyword yang tepat adalah dengan cara melakukan riset keyword. untuk para blogger riset keyword adalah sesuatu yang wajib. ada beberapa situs atau alat untuk riset keyword contohnya saja google keyword planner, ubersuggest dan masih banyak lagi.

Kamu harus memahami apa maksud dibalik sebuah keyword, karena keyword ditulis seorang blogger untuk menemukan apa yang mereka tulis di mesin pencari.

Baca Juga:  7 Cara Menjadi Blogger yang Lebih Produktif

misalnya ada seseorang mencari sesuatu di google dengan mengetikkan Semur ayam, apa maksud dari orang tersebut dengan memasukkan kata kunci tersebut? apakah dia mau makan semur ayam atau dia mau memasak semur ayam.

Google tahu akan hal itu, google akan menayangkan semua situs/ blog yang memberikan informasi tentang cara memasak Semur ayam.

maka dari itu penting untuk menggunakan keyword yang tepat sasaran.

Gunakan judul yang mengundang klik
cara utama untuk optimasi judul adalah dengan cara memasukkan keyword utama yang akan kamu incar.

Contoh kamu mengincar keyword Belajar SEO maka judul otomatis akan mengandung kata Belajar SEO. tapi untuk optimasi sebuah judul itu belum cukup.

karena yang terpenting dari judul bukanlah optimasi Keywordnya saja. tetapi juga optimasi ketertarikan pengunjung blog. dengan semakin baik cara optimasi keyword kamu. maka pengunjung blog kamu akan semakin banyak dan pastinya peringkat blog kamu di situs pencari akan semakin baik.

karena judul adalah elemen sebuah blog/web yang pertama dibaca oleh pengunjung. maka jika optimasi judul kamu berhasil maka jumlah klik akan semakin bertambah.

Buatlah Keyword turunan di setiap paragraf
Untuk artikel SEO yang baik sebaiknya kamu membuat keyword turunan dari keyword utama disetiap paragraf.


contoh Keyword utama adalah Membuat artikel SEO, Jadi kamu harus membuat keyword turunan dari judul tersebut.

Contoh keyword Turunan Apa Itu SEO, Kenapa SEO penting, Ciri-ciri SEO yang baik Dsb. dengan menerapkan keyword turunan disetiap artikel yang kamu buat maka artikel yang akan semakin ramah dengan mesin pencari.

Mengisi Deskripsi Penelusuran Blog
cara berikutnya untuk menulis artikel yang SEO adalah dengan mengisi deskripsi penelusuran pada blog kalian. mengisi deskripsi penelusuran sangatlah mudah, kita hanya butuh mengkopy paste 1 paragraf awal saja yang mana biasanya paragraf pertama banyak mengandung kata kunci. jadi kamu tinggal masukkan paragraf prama kedalam deskripsi penelusuran blog, bisa juga langsung mengkopi judul artikel kamu ke deskripsi penelusuran blog.

Membuat Tautan permanen blog yang SEO
Tautan permanen ini adalah URL yang kan kamu gunakan untuk artikel kamu, contoh Judul artikel kamu adalah Cara memasak semur jengkol yang nikmat ala restoran Bintang 5, Maka kamu bisa membuat tautan permanen blog cara-memasak-semur-jengkol-ala-restoran. karena itu lebih SEO dibandingkan kamu memasukkan semua judul kedalam tautan permanaen blog kamu.

Sebenarnya masih banyak lagi cara menulis artikel SEO yang lain. tapi saya biasanya menerapkan hal diatas untuk membuat artikel didalam blog saya. dan memamng terbukti ada bebereapa dari artikel yang saya tulis berhasil menduduki Page One pencarian google. semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.








Subscribe to receive free email updates: