5 Tips Blogger Pemula dan Kesalahan Yang sering dilakukan - Tekno ZOne.ID




Sahabat teknologi, kali ini mimin akan membahas Tips Blogging yang benar dan apa yang harus kamu hindari sebagai Blogger pemula. Dalam Penulisan blog, Tidak ada cara yang benar atau salah.Blogging dianggap menyenangkan karena tidak bersifat serius, walaupun perlu kerja keras untuk sukses.
kita bisa selalu kembali ke blog kita untuk mengedit kembali artikel yang kita tulis. karena biasanya artikel yang sudah lama biasanya mudah dilupakan. sebelum kita masuk ke tips blogging untuk kamu blogger pemula seperti saya, ada baiknya kamu tahu kenapa kamu perlu membangun blog.
  1. Blogging dengan cepat menjadi cara komunikasi dan dengan mudah menyebarkan informasi dan berita paling populer. Memang persaingan di dunia Blogger sangat Besar.tetapi seiring berjalannya waktu kamu pasti akan bisa bersaing dan meningkatkan kemampuan blogging kamu supaya bisa bersaing dengan Blogger Profesional
  2. Blogging adalah cara mudah untuk mengekspresikan diri kamu, dan sarana terbaik untuk berbagi informasi dengan orang lain.
  3. Pastinya kamu akan menjadi Penulis yang lebih baik.
  4. Alasan yang paling menggiurkan adalah, kamu memperoleh pundi dengan menjadi seorang blogger.

Tips Seputar Blogger Pemula

1. Tulislah artikel yang kamu sukai/pahami
Apa isi Blogmu, Tentang kuliner?,tips dan trik, teknologi? yang harus kamu pastikan adalah artikel yang kamu tulis adalah artikel yang kamu benar-benar suka. karena memelihara blog adalah pekerjaan yang sangat berat.jangan pernah memulainya kalau kamu tidak bisa konsisten menulis artikel di blog kamu.tingkatkan wawasan supaya kamu lebih punya banyak kemampuan untuk menjadi penulis yang baik.

Karena kalau kreatifitas tidak baik dalam menulis, dapat dipastikan pengunjung blog kamu akan cepat meninggalkan blogmu. karena kamu tidak dapat menawarkan banyak materi untuk dibaca pengunjung blog kamu. Blog adalah tentang ide, jadi kamu harus tahu passion kamu dimana. satu hal yang hasrus kamu hindari adalah di giveaway sebagai usaha untuk memperoleh pembaca.
karena banyak blogger hebat, menurun kwalitasnya karena terpaku mengejar giveaway yang akan di dapatnya dari Blog itu sendiri.Memang menyenangkan sesekali menjadi host giveaway. Kecuali Anda memang berdedikasi untuk melakukannya, ini bukan cara utama yang membuat pembaca datang pada Anda.

2. Jadilah penulis/ Blogger yang berbeda dari blogger lain
Apapun Topik/Genre Blog kamu, mungkin banyak Blogger lain yang menggunakan gendre yang sama. disinilah tantangan kamu sebagai pnulis. apakah kita mampu menawarkan sesuatu yang lain dari Blogger lain.

contoh  kamu membangun blog Bertema Kerajinan tangan/ teknologi. yang Pastinya Banyak Blogger yang mengangkat tema yang sama. lihat apakah Anda bisa mendapat ide yang tidak dilakukan kebanyakan blogger lain. Contohnya Anda bisa buat blog kerajinan tangan untuk anak laki-laki. Ini ide yang cukup cerdas karena kebanyakan kerajinan tangan dikhususkan untuk anak perempuan. jadi intinya buatlah perbedaan, walaupun itu hanya sedikit.

4. Menulislah Seperti Berbicara
Orang suka membaca blog yang kepribadian penulisnya terpancar di kata-kata yang tertulis. Pembaca merasa seperti mereka tepat di berada depan Anda dan berbagi pemikiran mereka. Postingan jadi lebih menarik dan mudah dibaca. Biarkan kepribadian Anda bersinar. Biarkan pembaca membangun koneksi dengan Anda ketika mereka membaca konten Anda.

Buat blog yang bersifat kasual, orang akan lebih menyukainya. Tapi ini bukan berarti Anda menggunakan kata-kata yang tidak layak, cukup jadi diri Anda dengan cara yang baik.

5. Konten yang Bagus Jadi Kuncinya
Tulis konten yang Anda sendiri ingin membacanya. Anda memang tidak bisa membuat semua orang senang. Tapi lakukan usaha untuk menjadi lebih kreatif. Misalnya Anda membuat postingan tentang ide permainan yang baik untuk anak. Orang membuka konten Anda dan permainan yang Anda sarankan ternyata sudah biasa. Sudah banyak yang membahasnya. Buat blog Anda menonjol dengan konten yang bagus, kreatif, membantu, dan menginspirasi.

Kesalahan yang Biasa Dilakukan Blogger Pemula

Berikut ini beberapa tips untuk menghindari kesalahan yang umum dilakukan blogger pemula:

1. Tidak Mengenal Audiens Anda
Satu kesalahan paling umum yang dilakukan blogger adalah mereka tidak tahu siapa yang jadi target audiens. Mereka menciptakan konten tentang banyak hal tanpa menyadari apakah pembaca mau membacanya.

Sebelum mulai menulis, Anda harus punya gambaran yang jelas tentang siapa yang Anda targetkan. Setelah itu, Anda perlu melakukan riset tentang apa yang ingin dibaca oleh target audiens Anda.

2. Inkonsistensi
Banyak blogger baru mulai dengan bersemangat tapi seiring waktu mereka mejadi inkonsisten, tidak sering blogging, tidak dekat dengan pembaca, atau menulis artikel sekenanya.

Mempertimbangkan jumlah blogger dan konten yang menyerang kita setiap harinya, menjadi inkonsisten bisa jadi kesalahan fatal seorang blogger. Pembaca akan lupa tentang Anda dengan cepat dan Anda akan kehilangan semua sumber traffic Anda.

3. Search Engine Optimisation
Ketika bicara tentang SEO, ada dua kelompok blogger berbeda, yang menulis hanya untuk kepentingan search engine, atau tidak mempertimbangkan search engine sama sekali. Untuk kelompok pertama, menulis hanya untuk masuk peringkat bisa membuat posting malah tidak terbaca. Menggunakan kata kunci tidak membuat Anda masuk sejauh itu dalam SEO.

Sebaliknya, ada mereka yang sangat tidak mempertimbangkan SEO ketika menciptakan konten, baik karena terlalu rumit atau mereka tidak menyadari perlunya strategi SEO.

4. Tidak Memiliki Niche yang Kuat
Satu kesalahan besar yang diperbuat blogger adalah menjadi semuanya bagi semua orang. Semakin jelas dan terdefinisi misi blogging Anda, berarti Anda mengembangkan niche yang fokus dan bernilai.

Misalnya, bila blogger tentang perbankan tertarik dalam lead generation untuk pinjaman bisnis kecil, ia tidak perlu buang waktu dan energi mencoba menulis tentang pasar hipotek. Tapi ia perlu fokuskan energi pada niche dan topik menarik dalam pinjaman untuk bisnis kecil. Ini dimaksudkan untuk kekayaan topik yang lebih spesifik dan lebih menarik serta informatif bagi kelompok orang yang lebih kecil.

5. Tidak Berkomitmen pada Proses
Banyak orang yang masuk ke dunia blogging mengira akan menerima dampak langsungnya bagi bisnis mereka. Visibilitas mesin pencari dan traffic akan meningkat, lalu mereka menerima banyak uang. Tapi tidak seperti iklan pay per click, membangun blog yang membangun bisnis Anda butuh waktu dan usaha. Coba rencanakan menulis 2 atau 3 post per minggu selama 6 bulan untuk mendapat hasil yang diharapkan, atau lebih banyak bila mereka ada di industri yang kompetitif.

6.    Editan yang Kurang Baik
Pada banyak blog, baik yang baru atau lama, Anda bisa tahu kalau kontennya tidak diedit sama sekali, bahkan terlihat seperti diterbitkan segera setelah ditulis. Blog post yang tidak diedit atau sembarang diedit dengan masalah struktur bahasa, kalimat tidak efektif, penggunaan kata yang tidak perlu, dan sebagainya, menciptakan pengalaman membaca yang buruk dan hal ini mengkomunikasikan kalau Anda tidak memperhatikan hal rinci.

Tiap orang membuat kesalahan, dan blogger tidak terlepas dari hal ini. Apa yang menurut Anda jadi kesalahan terbesar dan paling umum yang dilakukan blogger? Dan kesalahan apa yang Anda perbuat sebagai blogger? Semoga tips tentang blogging di atas bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: