5 Cara Screenshot pada komputer / Laptop simpel dan mudah bagi pemula

5 Cara Screenshot

5 Cara Screenshot pada komputer / Laptop - Screenshot pada layar komputer/laptop tidak jauh beda dengan yang ada pada Ponsel. perbedaannya hanya ketika kita melakukan Screenshot pada koputer/laptop kita harus menggunakan keyboard dan juga ada toolsnya.

pada artikel kali ini saya akan mencoba ulas 5 cara screenshot pada komputer / laptop simpel dan mudah bahkan untuk pemula. dan kamu harus tahu juga di Sistem operasi windows juga ada perbedaan dalam melakukan Screenshot, walaupun tetap masih menggunakan keyboard dalam pengaplikasiannya.

Cara Screenshot pada Komputer / laptop
1. Menggunakan tombol Keyboard ( Ctrl + Prtsc SysRq )


( Ctrl + Prtsc SysRq )
Cara ini merupakan cara termudah menurut saya, karena kamu tinggal mengkombinasikan 2 tombol tersebut untuk melakukan screenshot. caranya kamu tinggal pilih gambar target yang ingin kamu ambil. setelah gambar ketemu kamu tinggal tekan tombol Ctrl + Prtsc SysRq  secara bersamaan. dan kemudian kamu tinggal pilih media untuk menyimpannya. apakah melalui aplikasi Paint dan media lain penyimpan photo lainnya.

dan cara ini hanya bekerja pada Sistem operasi windows XP dan Windows 7 saja. dan kebetulan saya masih sering melakukan hal ini dalam pembuatan konten blog saya ketika ingin mengambil gambar.

2. Menggunkan tombol keyboard ( Alt + Prtsc SysRq )


( Alt + Prtsc SysRq )
Cara Kedua ini adalah dengan menggunakan cara yang hampir sama hanya saja perbedaan tombol kombinasinya saja. tetapi pada dasarnya sama semuanya. untuk cara ini hanya bisa digunakan pada Sistem operasi Windows 8 dan Windows 10 saja. untuk laptop keluaran diatas 2010 yang sudah memunculkan tombol fn pada keyboardnya kamu tinggal coba aplikasikan dengan kombinasi 3 tombol yaitu fn + Alt + Prtsc SysRq. 

Untuk melihat hasilnya kamu tinggal buka aplikasi onedrive pada laptop/komputermu. nah disitu kamu tinggal buka menu pictures dan kemudian  pilih Screenshot. maka kamu akan melihat hasil dari screen shot yang kamu ambil.

3. Menggunakan tombol keyboard ( Windows + Prtsc SysRq )


( Windows + Prtsc SysRq )

Cara ini juga berlaku untuk windows 8 dan 10, dan cara ini adalah cara yang paling simple dalam melakukan screenshot. karena dengan menekan tomblo kombinasi Windows + Prtsc SysRq kamu file screenshot kamu akan langsung otomatis kedalam komputer/laptop kamu.

Cara melihat hasil Screenshotnya dengan membuka aplikasi Onedrive dan kamu tinggal melihat hasil screenshot kamu pada menu Pictures dn pilih menu screenshot. maka hasilnya akan dapat kamu lihat.

4. Menggunkan sniping tools


sniping tools

Cara berikutnya menggunakan aplikasi yang memang sudah disediakan oleh sisteo operasi windows.
dengan menggunakan snipng tools kamu bisa mengambil screenshot sesuai dengan gambar dan ukuran gambar yang kamu inginkan. dan pada aplikasi sniping tools sendiri sudah terdapat tombol simpan dan copy yang memudahkan kamu dalam pengoprasiannya.

Cara pengoperasiannya.
  • Buka aplikasi sniping tools 
  • setelah itu pilih tombol new untuk memulai melakukan Screenshot.
  • Jika kamu sudah menentukan bidang gambar yang kamu inginkan untuk di screenshot. kamu tinggal menekan tombol Save.
  • Langkah selanjutnya kamu tinggal tentukan lokasi penyimpanan gambar dan langsung tekan kembali tombol Save untuk eksekusi penyimpanan.
5. Menggunakan aplikasi lightshot.


Menggunakan aplikasi lightshot.

Aplikasi light shot ini adalah aplikasi screenshot yang paling saya rekomendasikan. karena saya memang paling menyukainya. cara pengoperasiannya hampir sama dengan sniping tools hanya saja kita tinggal klik tombol Prtsc SysRq untuk memunculkannya. dan menunya juga sudah ada menu save dan copy nya.sehingga mempermudah kita menggunakannya. dan penyimpanan filenya juga sudah langsung ada di dokumen tersedia setelah kita melakukan instalasinya.

Untuk mendapatkan aplikasi ini kamu tinggal download disini

demikian ulasan saya tentang 5 cara screenshot pada komputer dan laptop simple dan mudah bagi pemula. dan sebenarnya masih banyak cara untuk melakukan Screenshot yang masih perlu diulas. tetapi cara ini adalah cara yang paling sering saya gunakan sehari-hari. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk kita bersama.terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Screenshot pada komputer / Laptop simpel dan mudah bagi pemula"

Post a Comment